Setelah Garuda Indonesia jadi sponsor resmi Liverpool beberapa waktu lalu, kini giliran perusahaan kopi asal Indonesia yang jadi sponsornya resmi. Kabar ini tentu sangat mengejutkan, apalagi merek kopi tersebut sebetulnya enggak terlalu terkenal-terkenal amat di telinga masyarakat Indonesia.

Merek kopi itu adalah Singa Coffee atau Kopi Singa. Tentu bukan bikinan dari singa, apalagi Singapura. Singa cuma jadi namanya saja.

Mereka secara resmi menjalin kerja sama dengan Barcelona, klub dunia yang tak perlu ditanya lagi kehebatannya. Anak usia enam tahun yang baru masuk SD saja pasti tahu siapa Barca.

Mereka menjalin kontrak selama dua tahun. Singa Coffee bakal jadi sponsor regionalnya Barca sampai 2019. Itu merupakan pertama kalinya Barcelona menjalin kerja sama dengan perusahaan kopi, dari Indonesia pula. Sebuah kebanggaan buat warga kita. Proudly Indonesian.

Hasil gambar untuk singa coffee
Salah satu produk Singa Coffee. (Source: Tokopedia)

Bagi yang belum tahu siapa itu Singa Coffee, mereka adalah perusahaan minuman dan makanan yang khusus mengembangkan perkopian. Bahkan disebut sebagai produsen kopi terbesar kedua di Indonesia. Urutan pertamanya silakan dicek sendiri di Google.

Perusahaan ini didirikan pada 1928, zamannya Sumpah Pemoeda, oleh Go Soe Poei dan bermarkas di Surabaya. Saat itu masih skala kecil yang memakai proses pemanggangan lewat kayu bakar.

Namun, pada saat itu pelanggan utama Singa Coffee merupakan bangsawan dari tanah Jawa dan penjajah Belanda yang tinggal di Surabaya. Kemudian pada 1951, generasi kedua Go, Go See Tjeng, mulai mengembangkan usaha dari pengolahan standar sampai menggunakan mesin.

Sampai pada generasi ketiga, Singa Coffee berubah jadi perusahaan yang inovatif. Kemudian fasilitas manufakturnya dipindah ke Gresik dan mulai memproduksi kopi lebih banyak lagi.

Hasil gambar untuk kopi singa barcelona
Tampilan di microsite website Singa Coffee, sudah serba Barcelona. (Source: 7LiveSports)

Sekarang, melalui kerja sama dengan klub sekelas Barca, jadi harapan bagi Singa Coffee untuk memperkenalkan kopi dari Indonesia menuju pentas dunia.

“Kami senang menjadi perusahaan kopi pertama sebagai mitra resmi Barcelona sepanjang sejarah klub. Kami yakin bermitra dengan Barcelona dapat membantu kami menjadi daya tarik serta meningkatkan lebih banyak penikmat kopi yang potensial dan loyal bagi Kopi Singa,” kata Pujiono Sudargo, pemilik Singa Coffee

Melalui kerja sama ini, Barca katanya berjanji akan menggelar event untuk para Cules di Indonesia. Mereka siap mendatangkan beberapa legenda klub mereka sendiri, bukan klub lain, untuk berkunjung ke Indonesia. Siapa tahu saja, bisa sekalian mendatangkan Lionel Messi dan kawan-kawan.

Semoga sukses ya, Kopi Singa.

Main photo: campnouhq.wordpress

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here