Brasil wajib berterima kasih kepada wasit Nestor Pitana asal Argentina. Soalnya, Pitana sudah “membantu” Brasil saat meraih kemenangan 2-1 atas Kolombia dalam lanjutan Copa America. Padahal, Kolombia sudah bikin gol yang super keren banget sekali.

Brasil memang ketinggalan duluan lewat gol tendangan salto takraw jurus gunting dari Luis Diaz. Juan Cuadrado yang jago crossing, memberikannya kepada rekannya itu ke tengah kotak penalti.

Ternyata, Diaz malah bikin tendangan spektakuler. Tendangan salto guntingnya tidak mampu dicegah kiper Weverton yang menjabat sebagai kiper ketiga Brasil.

Dari situ, Kolombia unggul 68 menitan alias lebih dari satu jam. Brasil pun frustrasi dibuatnya lantaran banyak peluang tak ada yang jadi gol. Paling mentok kena tiang.

Sampai tiba lah bantuan dari Pitana yang ikutan bermain bola. Brasil yang sedang mem-build up serangan, ternyata bola operan Neymar mengenai Pitana.

Secara refleks, pemain Kolombia pun berhenti sejenak karena mengira pertandingan bakal dihentikan dan diberikan bola fair play ke pemain Brasil.

Namun, Pitana ternyata tidak menghentikannya dan tetap melanjutkan permainan. Bola pantul memang kemudian diterima lagi oleh pemain Brasil. Dari situ, tak lama Renan Lodi memberikan umpan silang yang disundul jadi gol oleh Roberto Firmino.

Sontak, para pemain Kolombia pun melakukan protes keras. Cukup lama diprotes sampai mengecek VAR segala. Sayangnya, apes bagi Kolombia karena Pitana tetap mengesahkan gol tersebut.

Padahal, dalam aturan baru FIFA tahun 2019, bola yang mengenai tubuh official match seperti wasit, maka aturannya pertandingan dihentikan dan bola diberikan kepada pihak yang terakhir memegang kendali bola.

Namun, Pitana lupa sama peraturan tersebut. Entah lupa betulan atau dilupa-lupain. Mungkin dia beranggapan kalau bola hasil “sentuhan”-nya itu kembali jatuh ke pemain Brasil sehingga tidak berefek apa-apa.

Akibat protes dari pemain Kolombia, pertandingan diberikan waktu tambahan sampai 10 menitan. Lucunya, Brasil justru bisa mencetak gol kemenangan pada menit ke-100.

Sundulan Casemiro mampu bersarang telak ke gawang David Ospina usai menerima umpan dari tendangan sudut Neymar. Kolombia pun kalah dengan nyesek. Bukan sedih lagi, tapi nyesek.

Sudah dibobol gol yang harusnya tidak sah, kemudian dikasih waktu tambahan 10 menit, eh kebobolan di menit terakhir. Apes.. pes…

SHARE
Previous articleRonaldo-Benzema Reuni, Langsung Adu Voucher Penalti
Next articleDenmark Pesta Gol, Dolberg Bikin Wales Jadi Dodol
Bolatory memberikan informasi terkini tentang sepakbola dilengkapi data dan analisis dengan gaya penulisan sesuka hati, loncat ke sana-ke sini, serta menghiraukan semua masalah di muka bumi ini. Tapi kami bukan kera sakti, kami adalah Bolatory.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here