Keylor Navas, yang nama depannya mirip sebuah daun, tak akan pernah melupakan jasa pelatihnya, Zinedine Zidane. Kiper asal Kosta Rika itu sukses menemukan performa terbaiknya musim ini berkat dukungan moral dari Zidane.

Navas yang doyan bernafas itu memang kesulitan pada awal musim. Dia mengalami cedera Achilles, sebuah nama cedera yang mirip dengan nama merek ban. Cederanya itu bikin Navas absen selama satu purnama.

Gara-gara cedera, posisinya sempat tergantikan oleh Kiko Casilla. Cowok lumayan mapan berusia 30 tahunan itu absen sebanyak tujuh pertandingan. Sudah gitu, selepas cedera penampilannya tak segera membaik.

Navas banyak melakukan blunder-blunder kocak yang bikin penonton bola terbahak. Dia pun jadi bulan-bulanan akun-akun bola yang gemar meledek.

Untunglah, Real Madrid punya pelatih sehebat Zidane. Tak cuma hebat, tapi dia juga peduli kepada para pemainnya. Pelatih yang tak akrab disapa “Zizi” itu tetap percaya pada kualitas Navas sebagai kiper kelas dunia.

Sampai akhirnya, Navas kembali menemukan keyakinannya. Keyakinan di sini bukan berarti agama Kristen atau Islam, tetapi keyakinan pada kemampuannya sendiri. Dia pun merasa berutang budi begitu besar pada pelatihnya yang wajahnya sok itu.

“Keyakinan sangatlah penting. Saya harus selalu berterima kasih kepada orang-orang yang mendukung saya. Saya harus berterima kasih kepada Zidane dan menunjukkan rasa syukur dengan bermain sebaik mungkin sehingga keputusannya itu terbukti tepat,” tutur pemain yang tak terlalu ganteng-ganteng amat itu.

Keputusan Zidane yang sabar menunggu Navas kembali ke bentuk semula macam iklan-iklan pembalut, akhirnya berbuah manis. Madrid pun jadi juara La Liga dan Liga Champions bersama Navas, rezekinya anak saleh. Soalnya kalau tak ada Navas, nanti tak ada kipernya sehingga Madrid jadi mudah kebobolan.

“Saya memulai musim ini cedera dan sulit untuk pulih. Saya ingin hal itu jadi mudah tapi ternyata tak seperti itu. Sekarang saya merasa jauh lebih kuat pada tingkat sepak bola yang tinggi,” sambungnya.

Main photo: Sports Illustrated

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here