Seperti halnya kata-kata mutiara “penyesalan selalu datang di akhir, kalau di awal namanya pendaftaran”, kalimat tersebut kini menjadi ungkapan pada kejadian yang dilakukan Barcelona. Setelah menjual Marc Cucurella ke Eibar, Barcelona langsung membelinya kembali.  

Cucurella sejatinya merupakan produk asli jebolan akademi La Masia milik Barcelona. Seperti diketahui bahwa akademi Barcelona ini memang cukup terkenal dalam menghasilkan para bintang-bintang muda.

Namun tidak semua mendapat jaminan satu tempat di skuat Barcelona. Bukan ikatan dinas macam sekolah-sekolah yang dikelola pemerintah. Pasti ribet jadinya kalau lulus langsung jadi pemain Barcelona.

Bisa-bisa penuh sesak skuat Barcelona macam Ragunan atau Ancol di saat libur hari raya.

Nama Cucurella pun akhirnya di-passing ke sesama klub La Liga yaitu Eibar sepanjang musim lalu dengan status pinjaman di mana terdapat opsi pembelian.

Selama berseragam Eibar, ternyata pemain yang namanya mirip dengan kue dengan bahan gula merah itu mampu menunjukan penampilan impresif.

Akhirnya pada akhir musim, tepatnya di bulan Juni, Eibar resmi merekrut Cucurella dengan biaya kurang lebih sebesar 2 juta euro.

Tapi hanya dua bulan berselang, bahkan saat musim belum berjalan, Barcelona nampaknya cukup menyesal setelah ‘menendang’ Cucurella ke Eibar.

Dua bulan setelah penjualan Cucurella, Barcelona meminta bek sayap itu kembali dioper ke Camp Nou. Benar-benar mendalami filosofi tiki-taka yang diterapkan oleh Barcelona. Bahkan sampai diaplikasikan saat menjalani bursa transfer.

Kalau katanya orang Betawi ini borok sikutan. Sudah dikasih lalu diminta lagi. Memang, untuk kasus ini jatuhnya adalah jual-beli, bukan kasih-minta.

Barcelona resmi mengaktifkan klausul buy-back Cucurella dengan biaya sebesar 4 juta euro. Menjual dengan harga murah, lalu membelinya kembali dengan harga yang lebih tinggi. Luar biasa. Benar-benar baik Barcelona ini mau bagi-bagi uang untuk klub seperti Eibar.

Pembelian kembali Cucurella dikabarkan untuk menjadi pelapis Jordi Alba di bek kiri. Namun beberapa sumber juga menyebut adanya isu dimana Cucurella diminati oleh Sevilla dan Real Betis. Siapa tahu bisa dijual lebih mahal lagi yakan? Tapi kedua tersebut hanyalah rumor sejauh ini.

Nama Cucurella mencuri perhatian saat Eibar menaklukan Real Madrid dengan skor 3-0 serta ia juga mencetak gol ketika timnya menahan imbang Barcelona 2-2 pada musim lalu.

Sepanjang musim lalu, Cucurella bermain dalam 31 laga bersama Eibar di ajang La Liga.

Main photo: @barcacentre

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here