Barcelona menutup laga terahir mereka di tahun 2019 dengan manis usai menekuk Deportivo Alaves dengan skor telak 4-1 pada laga lanjutan La Liga yang digelar di Camp Nou.

Kemenangan ini tentu saja menjadi hal positif bagi Barcelona yang sedang dalam trek-trekan di papan atas bersama dengan Real Madrid. Kedua tim punya jumlah poin yang sama pula. Hanya saja Barcelona unggul selisih gol.

Tambahan tiga poin Barcelona jelas akan jadi tekanan bagi Real Madrid yang akan menjalani laga berat kontra Athletic Bilbao pada Senin dini hari.

Sementara Alaves dipastikan menangis karena menutup tahun dengan kekalahan. DIbantai pula. Bukan jadi kado tahun baru yang cocok bagi Alaves. Selama libur nanti pasti kepikiran terus. Jadi tidak enak perasaannya walaupun libur.  

Pada laga tersebut, nama Luis Suarez tampil mencuri perhatian setelah mencetak hattrick. Bukan hattrick gol tapinya melainkan assist.

Entah Suarez yang jago atau teman-temannya yang pandai memanfaatkan peluang. Tapi yang pasti tiga gol pertama Barcelona semua terjadi berkat umpan-umpannya.

Pertama kepada Antoine Griezmann membuka keunggulan Barcelona saat laga berjalan 14 menit. Dari dalam kotak penalti, Griezmann melepaskan tendangan placing yang membuat kiper Alaves tak bergerak macam kena hipnotis Romi Rafael.

https://twitter.com/Sporf/status/1208493484077912064?s=20

Gol kedua Barcelona diciptakan Arturo Vidal yang melepaskan tendangan keras dari dalam kotak penalti yang diarahkan ke ujung gawang.

Alaves sempat membalas satu kali melalui Pere Pons di awal babak kedua. Sedikit berharap pasti, tapi mereka lupa kalau Barcelona punya cyborg. Operan kecil Suarez diakhiri dengan tendangan keras dari luar kotak penalti oleh Messi.

Suarez akhirnya menutup laga dengan golnya melalui titik putih. Mungkin teman-temannya kasihan karena di assist doang di laga itu, jadi disuruh menendang penalti biar merasakan golin. Skor akhir 4-1 untuk Barcelona.

Ernesto Valverde mengatakan bahwa timnya harus bermain lebih baik lagi di jalannya separuh musim tersisa.

“Semuanya akan diputuskan pada musim semi, dan kita harus berada dalam posisi yang baik ketika itu terjadi,” ucap Valverde seperti dikutip dari Kompas.

“Ada hal-hal yang dapat kita tingkatkan, karena kita memiliki standar yang tinggi dan ingin mempertahankannya,” kata Valverde.

Main photo: @squawkanews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here