Tim nasional Brasil sempat dirundung kegelapan saat menghadapi Venezuela dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2018 zona CONMEBOL. Kegelapan di sini adalah dalam arti sebenarnya. Stadion Olímpico Metropolitano de Merida tempat berlangsungnya kegiatan itu memang sempat mengalami mati lampu selama 40 menit.

Bukan hanya Brasil yang dirundung kegelapan, sang tuan rumah Venezuela tentu merasakan nasib serupa. Tentu saja, karena mereka bermain di stadion yang sama.

Kematian lampu stadion itu terjadi pada menit ke-74 saat Brasil sudah unggul 2-0 melalui sepakan Gabriel Jesus dan Willian. Pada malam yang dingin dan tercampur hujan deras, listrik stadion rupanya sudah tak kuat menahan penderitaan.

Lampu stadion tiba-tiba mati dan pertandingan terpaksa dihentikan selama 40 menit. Meski lampu stadion mati, tapi papan skor, papan sponsor, lampu handphone dari penonton, hingga cahaya hati tetap menyala sehingga stadion tidak gelap sepenuhnya. Entah jika ada penonton yang niat membawa senter.

Situasi byar-pet seperti yang dialami sebagian masyarakat Indonesia Timur pun menghinggapi kedua kubu. Baik Brasil dan Venezuela tetap melakukan pemanasan dalam gelap untuk menjaga kondisi fisik agar tetap prima sekuat Barry Prima.

Kedua tim rupanya sangat meresapi lirik lagu “Jangan Takut Gelap” yang didendangkan Tasya dan Duta Sheila on 7. Jangan takut akan gelap karena gelap melindungi diri kita dari kelelahan. 

Suasana di Kota Santri. Kedua tim berlatih dalam kegelapan. (detik.com)
Suasana di Kota Santri. Kedua tim berlatih dalam kegelapan. (detik.com)

Para teknisi dari PLN setempat tampak panik dan sekuat tenaga membangkitkan lampu yang telah lama memadamkan hati para penonton. Belum diketahui penyebab dari matinya lampu di stadion tersebut, apakah karena korsleting listrik atau karena belum membayar.

Main dalam Gelap Disiapkan Sejak Lama?

Terlepas dari penyebab mati lampunya Stadion Merida, Brasil sudah pernah latihan dalam gelap. Beberapa bulan lalu mereka pernah latihan gelap-gelapan hanya dengan cahaya dari lampu mobil.

Barangkali ini salah satu persiapan mereka melawan Venezuela sebagai langkah antisipasi mati lampu stadion. Luar biasa. Persiapannya dilakukan sejak bulan Maret lalu.

Timnas Brasil pernah latihan gelap-gelapan pakai lampu mobil. (Globoesporte)
Timnas Brasil pernah latihan gelap-gelapan pakai lampu mobil. (Globoesporte)

Lampu akhirnya menyala dan pertandingan dilanjutkan. Miranda tanpa Gultom dan kawan-kawan akhirnya tetap mempertahankan skor 2-0 hingga peluit akhir ditiup sekencang-kencangnya oleh wasit utama.

Berkat kemenangan ini, Brasil duduk manis dengan nyamannya di puncak klasemen kualifikasi zona CONMEBOL dengan 21 poin. Unggul satu poin saja dari Uruguay yang bermain imbang 2-2 melawan Kolombia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here