Setelah merantau ke negeri Ratu Elizabeth, Alberto Moreno memutuskan untuk mudik ke kampung halaman di Spanyol. Bek kiri Liverpool itu kembali ke La Liga dan resmi bergabung dengan Villarreal.

Moreno ini bisa dibliang sebagai anak perantauan. Sebelumnya ia bermain hanya untuk klub lokal saja di tanah kelahirannya di Sevilla. Ia merupakan warlok asli Sevilla yang lahir dan juga bergabung dengan akademi klub Sevilla.  

Bek berusia 27 tahun itu akhirnya mampu menembus skuat utama Sevilla pada tahun 2012 dan bermain selama dua musim. Pemain asli didikan akademi Sevilla itu tampil sebanyak 62 kali dengan catatan tiga gol.

Hingga akhirnya pada tahun 2014 ia memutuskan untuk mengadu nasib di tanah orang. Berangkatlah Moreno ke Inggris dan bergabung dengan Liverpool.

Saat itu Moreno yang bukan saudaranya Moreno Soeprapto itu tampil bagus membawa Sevilla menjuarai Liga Malam Jumat. Dia didatangkan dengan biaya sebesar 12 juta poundsterling.

Setelah berseragam Liverpool kurang lebih lima tahun, Moreno akhirnya dipastikan tak akan lagi ‘ngontrak’ di Anfield untuk musim depan.

Bukan gara-gara terus menunggak pembayaran kontrakan, namun Liverpool sendiri yang memutuskan tidak memperpanjang kontraknya.

https://twitter.com/AnfieldHQ/status/1147089258173337600

Pada dua musim terakhir namanya memang kalah bersaing dari pemain muda macam Andy Robertson yang terus menunjukan penampilan bagus di posisi bek kiri.

Apalagi performa Moreno yang juga bukan saudaranya Reino Barack itu juga tidak konsisten dalam lima tahun terakhir. Setelah memasuki tahun ketiga, performanya menurun drastis karena masalah cedera kambuhan yang didapat Moreno.

Selama membela “The Reds”, Moreno mencatatkan 141 penampilan dengan catatan tiga gol. Pria yang tidak bisa melek ketika bersin itu kembali ke Spanyol dan bergabung dengan Villarreal dengan masa kontrak selama lima tahun.

“Pemain asal Andalusia itu adalah full-back komplet dengan kemampuan hebat saat menyerang,” demikian pernyataan resmi klub dikutip dari Detik.

“Selain menambah kekuatan di sisi sayap tim, Moreno juga hebat dalam mencetak gol atau assist.”

Kalau untuk ukuran orang yang merantau, Moreno itu terhitung cukup sukses. Setelah merantau kurang lebih lima tahun, ia pulang kampung dengan hasil yang cukup memuaskan. Banyak soalnya kejadian seperti yang merantau setelah musim mudik, tapi akhirnya pulang tanpa hasil.

Satu gelar Champions didapat Moreno selama kariernya bersama klub Premier League tersebut.

https://twitter.com/essinem7/status/1148630009818599424

Main photo: @stufflfc @goal_india

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here