Axel Witsel resmi bergabung dengan Borussia Dortmund setelah memutuskan utuk hengkang dari Tianjin Quanjian. Ini untuk kali pertamanya Witsel yang rambutnya kayak bonsai itu bermain di salah satu dari lima liga terbaik Eropa.

Sebelumnya Witsel telah malang melintang di liga-liga Eropa hingga terakhir menuntut ilmu di negeri Tiongkok. Namun memang belum pernah main di lima liga top Eropa. Dia cuma main di Liga Rusia bersama Zenit St. Petersburg dan Liga Portugal bersama Benfica.

Witsel akan kembali bermain di Eropa setelah kurang lebih 18 bulan merumput di Asia. Dortmund sendiri setuju untuk menebus klausul Witsel yang berkisar 20 juta euro atau sekitar 334 miliar rupiah. Nantinya pemain yang rambutnya macam Jackson Five itu akan diikat kontrak berdurasi empat tahun atau hingga 2022.

“Selama beberapa bulan kami telah memiliki ketertarikan kuat untuk mendatangkan Axel Witsel, dan kami sangat senang dia memilih bergabung ke Borussia Dortmund,” ungkap direktur olahraga Die Schwarzgelben, Michael Zorc, dikutip dari Goal.

Witsel pun menjadi pemain ketujuh yang didatangkan oleh Dortmund pada bursa transfer musim panas ini. Sebelumnya kabar ketetarikan tim dengan jersey kebanggaan kuning macam seragam partai beringin itu sudah ada sejak beberapa waktu lalu. Namun tim asuhan Lucien Favre tersebut baru bisa mendapatkannya pada saat ini.

“Saya benar-benar bahagia dan bangga bisa bermain untuk Dortmund dalam waktu dekat. Setelah pembicaraan pertama kami, saya tak harus berpikir dua kali,” kata Witsel seperti dikutip dari Detik.

Kepergian Witsel ke Dortmund bisa jadi penyesalan bagi tim lamanya yaitu Tianjin yang macam kena tekel oleh Dortmund. Tidak ada VAR pula.

https://twitter.com/Squawka/status/1026448476723400704

Pasalnya klub Liga Tiongkok tersebut tidak menyangka bahwa “Die Borussen” akan membayar klausul Witsel ketika jendela transfer Liga Tiongkok telah ditutup.

Peraturan FIFA sendiri memperbolehkan bagi klub yang ingin membeli pemain dari liga lain selama jendela transfer klub pembeli masih dibuka. Hal tersebut yang kemudian dimanfaatkan Dortmund untuk mendapatkan Witsel.

Pemain yang baru berusia 17 tahun pada tahun 2006 itu mengawali karier bersama dengan klub lokal kampung halamannya di Belgia yaitu Standard Liege dari tahun 2006 hingga 2011. Pemain berwajah ganteng atletis itu kemudian ke Portugal untuk bermain bersama Benfica.

Namun kebersamaannya tak bertahan lama, setelah satu tahun Witsel putus dengan Benfica dan jadian dengan klub raksasa Rusia yaitu Zenit St Petersburg selama lima tahun.

Seperti kata pepatah lama, tuntutlah ilmu sampai ke negeri Tiongkok, mungkin jadi alasan pada 2017 Witsel memutuskan bergabung dengan Tianjin Quanjian. Bersama Tianjin, Witsel mencetak lima gol dan tiga assist dari 47 penampilan di Liga Super Tiongkok.

Witsel menjadi salah satu pemain inti timnas Belgia pada Piala Dunia tahun lalu. Ia tampil sebagai starter dalam enam dari tujuh pertandingan Belgia yang melaju hingga babak semi final.

https://twitter.com/Bundesliga_EN/status/1026500144387244032

Main photo: peru21.pe

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here