Piala AFF U-16 telah memainkan tiga laga. Sejauh ini timnas Indonesia U-16 terus meraih hasil positif kala bertemu lawan-lawannya. Dari tiga pertemuan tersebut Indonesia mendapatkan poin sempurna alias melibas semuanya dengan kemenangan. Berkat kemenangan tersebut, kini Indonesia menempati peringkat pertama klasemen grup A dengan sembilan poin.

Dalam Grup A sendiri terdapat enam timnas yang bermain, tidak sampai tujuh, delapan, bahkan 16. Indonesia tergabung bersama Vietnam, Filipina, Myanmar, Timor Leste dan Kamboja.

Timnas U-16 kini menjadi sorotan setelah tampil perkasa di ajang Piala AFF U-16. Pada turnamen yang tidak sekalipun pernah diikuti timnas Brasil, Inggris, maupun Prancis tersebut “Garuda Muda” meraih tiga kemenangan berutuntun.

Pada pertandingan pertama yang digelar minggu lalu Indonesia melumat habis Filipina dengan skor telak 8-0. Bahkan satu gol hiburan pun tidak diberikan oleh timnas Indonesia di laga ini. Takut PHP memang, apalagi jika gol hiburannya dikasih namun hanya sampai tujuh kali. Memang lebih baik kalah telak sekalian daripada kalah tipis-tipis tanggung begitu.

Kemudian saat bertemu dengan Myanmar, Indonesia sempat mendapat perlawanan sengit. Meskipun begitu skor akhir tetap untuk Indonesia dengan kemenangan 2-1. Kembali, tipis yang tentunya membuat lebih sakit hati.

Sedangkan pada pertandingan terakhir melawan Vietnam, pasukan Fakhri Husaini berhasil menang dengan skor meyakinkan 4-2. Padahal Vietnam sudah dapat bonus penalti, tapi tetap enggak bisa menang.

Dengan satu kemenangan saja Indonesia dipastikan mendapat tiket gratis ke babak selanjutnya tanpa syarat dan ketentuan macam belanja di supermarket. Satu kemenangan tersebut membuat Indonesia akan dipastikan berstatus sebagai juara grup A. Kalau mau maju dengan status palsu lebih baik kirim Vidi Aldiano saja untuk bertanding.

Kesempatan Indonesia untuk lolos lebih cepat bisa terjadi andai menang melawan Timor Leste nanti. Timor Leste sendiri baru meraih satu kemenangan dari tiga laga yang mereka jalani. Kemenangan mereka raih kala bertemu dengan Kamboja dengan skor 2-1.

Meski tidak mau terlalu sombong, Indonesia diprediksi akan berpeluang berpesta gol pada pertandingan melawan Timor Leste. Bukan tanpa alasan, Indonesia kini menjadi tim pailng produktif pada grup A.

Total 14 gol telah dilesakan dimana hampir setengah lebih bersarang di gawang Filipina. Lini pertahanan Indonesia pun tak kalah kuat dengan hanya kebobolan tiga gol saja. Bandingkan dengan Filipina yang telah kemasukan 20 gol. Lama-lama kipernya bisa ganti profesi jadi anak gawang kalau begitu.

Ketajaman Bagus Kahfi di depan gawang menjadi salah satu modal berharga bagi skuat “Garuda Muda” dalam memborbardir gawang Timor Leste yang telah kebobolan delapan kali hingga saat ini. Angka tersebut merupakan kebobolan terbanyak kedua setelah Filipina.

Meski diunggulkan pelatih Fakhri Husaini mengatakan bahwa tetap mewaspadai lawan. Harus selalu rendah hati, selalu bisa berpijak di bumi. Kalau melayang terus nanti disangka bidadari atau kunti.

“Kami tetap harus mewaspadai Timor Leste karena di level kelompok usia 16 tahun, tidak ada tim yang mendominasi. Perbedaannya tipis saja. Timor Leste memiliki beberapa pemain bagus, semangat juang tinggi, dan mereka punya motivasi tinggi ketika menghadapi Indonesia,” ucap Fakhri dikutip dari Kompas.

https://twitter.com/indosupporter/status/1024599943498018818

Main photo: bolabanget.id

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here