Timnas Indonesia U-22 harus puas meraih medali perak pada ajang Sea Games 2019. Pada laga final kontra Vietnam yang digelar di Rizal Memorial Stadium, “Garuda Muda” takluk dengan skor 0-3.

Perjuangan Indonesia sebenarnya sudah sangat baik. Nyaris tidak lolos setelah dikalahkan Vietnam di babak grup, Indonesia menggila saat ngeramasin Brunei dengan skor telak 8-0.

Satu kemenangan di laga terakhir memastikan Indonesia lolos ke babak semifinal hingga akhirnya terbang tinggi sampai ke puncak bagan a.k.a final.

Sayang memang di laga pamungkas yang tidak bisa di start -> quit lalu rematch macam main PS, Indonesia harus takluk dengan skor telak dari Vietnam. Lumayan daripada lu manyun, setidaknya bisa dapat medali perak.

Hal itu juga menjadi pemandangan biasa. Jadi tak usah mara-mara jika kita kembali meraih medali perak. “Runner up” seolah menjadi our middle name.

Pada jalannya laga tersebut, Indonesia sempat tampil cukup impresif, pada menit-menit awal. Sebuah tendangan bebas dari jarak jauh ditendang langsung oleh Zufiandi.

Sayang kiper Vietnam tidak mau gaya-gayaan menepis dengan tumit. Kalau dia melakukan itu mungkin bisa jadi gol.

Sial bagi Indonesia yang harus kehilangan Evan Dimas pada menit ke-20 usai mendapat slengkatan dari Doan Van Hau. Iseng sekali kakinya macam Komeng saja. Tekel tersebut membuat Evan Dimas tak bisa melanjutkan pertandingan dan ditarik ke luar lapangan.

Pada menit ke-39 akhirnya Vietnam memecah kebuntuan lewat gol Van Hau yang sepertinya bukan saudara Charlie Van Houten. Dari sepakan bola mati, sundulan Van Hau menembus jala gawang Indonesia.

Vietnam menggandakan keunggulan di menit ke-59 setelah Do Hung Dung melepaskan tendangan mendatar dari luar kotak penalti.

Doan Van Hau benar-benar jadi mimpi buruk timnas setelah ia mengunci kemenangan Vietnam dengan golnya di menit ke-73 yang juga berawal dari situasi bola mati. Hingga laga usai, skor 3-0 bertahan untuk kemenangan Vietnam.

Meski kecewa, pelatih Indra Sjafri memberi berbesar hati memberikan ucapan selamat kepada Vietnam.

“Selamat buat Vietnam dan permainan tadi secara performa, kami lebih baik dari pertandingan sebelumnya,” kata Indra dikutip dari Detik.

“Kami mengawali pertandingan dengan bermain terbuka, gol terjadi, dua gol dari set piece. Mungkin itu saja, jadi selamat buat Vietnam,” dia menambahkan.  

Medali emas SEA Games ini adalah yang pertama untuk sepakbola Vietnam. Mereka sekaligus berhasil mengawinkan medali emas sepakbola putra dan putri di SEA Games 2019.

Main photo: bola.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here