Borussia Dortmund gagal memanfaatkan keuntungan bermain di kandang untuk meraih tiga poin. Menjamu Barcelona di Signal Iduna Park, “Die Borussen” ditahan imbang tanpa gol. Marc-Andre Ter Stegen tampil sebagai mimpi buruk Dortmund setelah menepis penalti.

Kiper asal Jerman ini dalam beberapa waktu belakangan memang sempat menjadi bahan perbincangan karena dirinya masih juga gagal menembus skuat inti timnas.

Padahal Ter Stegen sudah menunjukan kapasitas dirinya selama membela Barcelona yang tak kalah jago dari Manuel Neuer sang kiper utama.

Ter Stegen juga tak pernah melakukan hal-hal aneh selama menjadi kiper. Ada bola ke arah gawangnya, selalu ditepis pakai tangan tak pernah pakai pinggul. Tendangan goal kick juga jarang dilakukan dengan disundul. Tapi masih belum juga dirinya dijadikan sebagai kiper utama.

Mungkin kesempatan sedang main di Jerman, Ter Stegen akhirnya menunjukan pembuktian. Mumpung sedang ditonton oleh warlok a.k.a warga lokal Jerman sana.

Pada laga perdana Champions musim 2019/2020, ia langsung mengaktifkan mode tangan delapan macam Joe Hart di iklan Big Cola. Jago sekali mainnya.

Kalimat yang paling tepat untuk menggambarkan performa Ter Stegen mungkin “jangankan bola, angin pun tidak boleh lewat” seperti yang sering terbentang di GBK saat zaman-zaman Markus Horison.

https://twitter.com/FOXSoccer/status/1174072949088800768

Sepanjang pertandingan Dortmund yang cukup unggul dalam jumlah serangan harus dibuat kepayahan akibat performa Ter Stegen.

Peluang pertama didapat Marco Reus yang memanfaatkan umpan tiba-tiba suddenly ngoper Jadon Sancho. Sudah diincar kolong kaki Ter Stegen, tapi kakinya cepat sekali menekuk macam bertulang tulang lunak.

Pada babak kedua, tekanan yang dilakukan Dortmund berbuah penalti. Sancho yang menggiring bola dalam kotak penalti, kakinya diinjak oleh Nelson Semedo. Mau kenalan mungkin sepatu baru.

Inilah momen dimana Ter Stegen menjadi pahlawan Barcelona. Tendangan Reus ke arah kanan gawang mampu dibacanya dengan baik.

Belakangan, tepisan penalti Ter Stegen dianggap banyak pihak seharusnya tidak sah karena melanggar peraturan baru yaitu kaki kiper harus menyentuh garis gawang saat bola ditendang.

Meski demikian wasit memutuskan penalti tersebut sah dan pertandingan terus dilanjutkan. Sayang hingga laga usai, tidak ada gol yang mampu diciptakan kedua tim. Skor imbang 0-0 bertahan.

“Orang-orang tahu apa yang saya mampu. Saya hanya ingin berkonsentrasi sepenuhnya pada pekerjaan ini dan tampil di 100% dari kemampuan saya. Hari ini saya menunjukkan itu,” kata Ter Stegen, yang dikutip dari Detik.

Main photo: @squawka

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here