Virgil van Dijk tampil tangguh di lini belakang Liverpool sepanjang musim. Dengan postur tinggi besar dan kuat macam pagar rumah orang kaya, lawan sering kali tak berkutik kala berhadapan dengan Van Dijk.

Pembelian Van Dijk bisa jadi adalah wujud dari ungkapan ada uang, barang abang disayang. Dibeli dengan harga yang menjulang tinggi, ternyata performa Van Dijk memang sesuai dengan ekspetasi.

Ia menjadi sosok sentral di lini pertahanan Liverpool yang tampil impresif di Premier League dan mampu meraih trofi Champions keenam sepanjang sejarah klub.

Tak hanya pandai menjaga pertahanan, Van Dijk juga jadi sosok pemain yang kerap kali sulit dilewati oleh pemain lawan. Bahkan dari seluruh penampilannya sepanjang musim lalu berseragam Liverpool, tak satu kali pun ada pemain yang mampu menggiring bola melewatinya.

Benar-benar bikin bingung memang fakta yang satu ini. Van Dijk itu orang atau pohon beringin sebenarnya.

Satu-satunya pemain yang mampu melewatinya adalah Leroy Sane. Tapi hal itu dilakukan Sane ketika bertemu Van Dijk di ajang Nations League. Sementara saat berseragam Liverpool, Van Dijk benar-benar tak mampu dilewati seluruh lawan. Termasuk Cristiano Ronaldo sekalipun. Bahkan Marko Simic dan Atep juga belum pernah melewatinya.

Meski demikian ternyata masih ada satu pemain lain yang mampu melewati Van Dijk. Sosok misterius tersebut diungkap oleh rekan satu tim Van Dijk yaitu Fabinho.

Ia mengungkapkan bahwa pemain tersebut adalah pemain Liverpool juga yang selama ini kita kenal sebagai golongan ‘masberto’ alias mas-mas bertato.

Fabinho menyebut nama Roberto Firmino adalah pemain yang mampu melewati Van Dijk saat berhadapan satu lawan satu. Hanya saja hal itu dilakukan Firmino saat sedang menjalani latihan bersama Liverpool.

“Saya sangat senang karena selalu berada di tim yang sama dengan Virgil van Dijk dalam sesi latihan. Jika tidak, saya harus berhadapan dengannya. Ia adalah pemain yang mengerikan,” ujar Fabinho dikutip dari Liputan6.

“Selama sesi latihan Liverpool, hanya Roberto Firmino yang bisa melewati van Dijk,” ungkap Fabinho.

Performa gemilang Van Dijk membuatnya kini digadang-gadang sebagai calon peraih Ballon d’Or. Kegagalan Lionel Messi di ajang Copa America membuat bek asal Belanda itu dijagokan untuk meraih gelar individu pemain terbaik Eropa.

Van Dijk berperan besar mengantar Liverpool menjuarai Champions serta membawa Belanda menempati peringkat kedua UEFA Nations League.

Main photo: theanfieldwrap.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here