Performa Yerry Mina bersama Kolombia di Piala Dunia dan ketika bersama Barcelona berbanding terbalik 180 derajat. Macam Jono dan Lono saja yang dimainkan Anjasmara dan Ucok Baba. Kembar tapi beda.

Penampilannya yang dikatakan tak bisa menyatu dengan gaya permainan Barcelona, malah dia tunjukan dengan performa apik saat membela negaranya. Pada gelaran Piala Dunia 2018, meski Kolombia harus tersingkir, Mina berhasil menjadi salah satu bintang ganteng pada gelaran empat tahunan tersebut.

Berperan sebagai seorang bek, Mina mencetak tiga gol di Rusia. Mengalahkan Lionel Messi, Thomas Mueller, maupun Diego Costa. Apalagi ketiga gol tersebut ia cetak hanya menggunakan kepala saja. Belum pakai kaki ataupun tangan. Mina pun membantu Kolombia untuk terus melaju hingga babak 16 besar.

Alhasil, bek berwajah ganteng produktif itu dikabarkan akan mencari klub baru untuk musim yang akan mendatang. Maklum, dia katanya masih belum bisa beradaptasi dengan baik di Barca.

Pada enam bulan pertamanya di Barcelona, Mina memang belum menjadi pilihan utama “Blaugrana”. Bek yang awalnya diplot sebagai pengganti Javier Mascherano itu masih kalah saing dengan Samuel Umtiti, Gerard Pique, dan Thomas Vermaelen.

Ia total hanya bermain lima kali di La Liga dan satu kali di Copa del Rey. Apalagi Barcelona pada bursa transfer ini mendatangkan bek baru lagi yaitu Clement Lenglet dari Sevilla. Oleh sebab itu, kesempatan Mina untuk mendapat tempat di lapangan makin sedikit.

Media di Inggris yang suka menggembor-gemborkan isu hangat transfer pemain pun mengatakan bahwa Mina sudah menyepakati kontrak dengan Everton. Namun kabar yang beredar tersebut dibantah oleh Mina tanpa Waka-waka e e.

“Itu adalah kabar yang tidak benar bahwa Yerry Mina telah sepakat menandatangani kontrak bersama dengan Everton,” bantah agen Mina, bernama Yair Mina, dikutip dari Bola.net.

Everton disebut telah melempar proposal penawaran dan menawarkan dana senilai 17 juta pounds yang entah dibayarkan COD atau melalui rekber. Takut penipuan memang zaman sekarang ini. Kalau COD takutnya nanti malah dirampok. Kalau transfer-transfer, nanti malah tidak dikirim barangnya.

Yair sendiri mengakui sebenarnya ada beberapa klub yang melakukan pendekatan kepada kliennya. Namun sepertinya belum ada yang serius. Mungkin Mina juga maunya langsung dilamar saja.

Yair juga belum bisa mengatakan tentang kepastian Mina akan bertahan di Barcelona atau tidak. Ia masih menunggu pertemuan dengan Barcelona untuk mengetahui rencana klub ke depannya. Setelah itu ia baru memutuskan tentang masa depan Mina.

“Yerry mendapatkan banyak tawaran dari klub lain tapi kami belum bisa memikirkan hal tersebut. Kami harus mengetahui apa yang direncanakan oleh Barca lebih dulu. Setelah kami dengar apa keinginan klub, kami bisa membuat keputusan,” katanya.

Main photo:

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here