Meski menang dan bermain superior pada leg kedua, AS Roma harus menghadapi takdirnya untuk gagal melaju ke perempat final Liga Malam Jumat atau Liga Europa. Roma hanya menang 2-1 atas Lyon, yang skornya secara agregat masih kalah dari Lyon.

Roma memang tampil digdaya pada malam itu. Kemenangan seakan jadi sebuah keniscayaan jika melihat penampilan mereka yang cukup super pada malam itu. Dari statistik penguasaan bola saja, Roma tanpa Haji dan Irama itu menguasai bola 63%

Kemudian jumlah tembakannya juga unggul 20 tembakan, sebanyak delapan di antaranya tepat sasaran, dua jadi gol, sisanya hanya angan-angan. Sedangkan Lyon cuma bisa nembak delapan tendangan saja.

Lyon unggul duluan melalui Mouctar Diakhaby lewat sundulan mutlak usai memanfaatkan umpan hujan deras dari tendangan bebas Mathieu Valbuena. Namun, Lyon cuma dikasih unggul semenit saja.

Kevin Strootman, pemain Belanda yang jago berbahasa Belanda, mampu menyamakan kedudukan satu menit berselang. Prosesnya juga mirip, yakni dari tendangan bebas.

Daniele De Rossi yang memberikan umpan banjir kepada sekumpulan pemain yang berada di kotak penalti, mampu disambar Strootman dengan cuek, tanpa melihat gawang.

Babak kedua, Roma makin sering menyerang sampai akhirnya bikin prahara rumah tangga Lyon retak. Mereka pun terpaksa bikin gol ke gawang sendiri yang tanpa sengaja si Lucas Tousart menciptakan gol bunuh diri.

Roma butuh satu gol lagi buat lolos. Tapi itulah takdir. Tuhan ternyata tidak berkehendak. Mereka gagal bikin gol lagi dan terpaksa meratapi kenyataan kalau tersingkir dari Liga Europa.

“Kami lebih baik dari Lyon dan kami seharusnya yang melaju ke perempat final. Tapi tak perlu ada penyesalan. Kami tetap menerima hasil ini dan menatap ke depan,” ujar pelatih berkepala plontos, Luciano Spalletti, sok tegar.

Kegagalan Roma memupuskan harapan bangsa Italia di kompetisi kasta kedua Eropa itu lantaran semua wakilnya pada gugur di medan perang. Kini, Italia cuma berharap dari Juventus yang masih punya asa di Liga Champions.

Main photo credit: ESPN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here