Everton melakukan langkah berani beberapa saat sebelum bursa transfer Premier League ditutup. Klub asal Liverpool tersebut berhasil mendapatkan dua calon pemain sekaligus yang merupakan pemain Barcelona. Everton mengumumkan Andre Gomes dan Yerry Mina sebagai pasangan yang akan menjadi pemain mereka menjelang akhir pendaftaran.

Bursa transfer Premier League memang berakhir lebih cepat dibanding dengan liga-liga top Eropa lainnya. Sejak Kamis (9/8) pukul 23.00 kemarin, tidak ada lagi tim yang diperkenankan untuk beraktivitas dalam urusan transfer pemain. Tidak ada waktu ‘nanggung‘ macam sedang main di rental PS 2.

Memang detik-detik akhir batas waktu bursa transfer biasanya banyak kejadian yang terduga. Mirip dengan injury time pada pemilihan cawapres kemarin. Sebuah kejutan tentunya akan membuat banyak orang bahagia.

Pada masa deadline day bursa transfer musim ini, tidak ada klub besar yang membuat kehebohan dengan perekrutan pemain, baik pemain bola maupun pemain polo air. Justru malah Everton yang statusnya klub tanggung langsung memborong dua pemain. Ibarat satu kali tendang, Everton dapat dua shoot on target.

Sayangnya, deklarasi dua calon pemain tersebut tidak dilakukan di depan banyak wartawan. Melainkan dilakukan di markas klub Everton yang tak dihadiri banyak massa.

Kedua pemain tersebut adalah pemain ‘paketan’ dari Barcelona yang memang sudah disiapkan pada bursa transfer musim ini. Mina yang baru didatangkan Barcelona pada bursa transfer musim dingin lalu, belum bisa beradaptasi dengan gaya main Barcelona.

Pemain yang sukses mencetak gol lebih banyak dari Lionel Messi di Piala Dunia kemarin memang diisukan akan segera dilego pada bursa transfer ini. Padahal lumayan, wajahnya yang seram bisa dipakai buat jaga mesin ATM di Barcelona.

https://twitter.com/Sporf/status/1027588383382679558

Sedangkan nasib Andre Gomes juga tidak beda jauh dengan Mina yang gagal memenuhi ekspetasi. Pemain timnas Portugal ini sejak akhir musim lalu juga dikabarkan telah menjalin kesepakatan dengan manajemen Barcelona dan memutuskan untuk mengakhiri kebersamaan.

Kedua pemain ini akhirnya dijadikan dalam satu paket penjualan oleh Barcelona. Barcelona yang sempat naksir kepada Paul Pogba sempat menawari kedua pemain itu kepada Manchester United sebagai bagian dari kesepakatan.

Namun sepertinya tawaran tersebut hanya jadi bahan tertawaan manajemen “Setan Merah”. Mana mau MU ambil dua barang sisaan. Alhasil, kesepakatan dengan MU batal terjadi. Kedua pemain disimpan lagi, berharap ada yang mau membeli, dan tak harap kembali.

Benar saja, jelang penutupan bursa transfer Premier League, Everton langsung memborong kedua pemain itu. Meski sudah dekat masa akhir berlaku, kedua pemain tak dihargai murah semurah roti-roti di Indomaret yang akan kadaluwarsa.

“Barcelona mencapai kesepakatan dengan Everton untuk transfer Yerry Mina. Klub Inggris tersebut akan membayar 30,25 juta euro ditambah 1,5 juta euro untuk variabel lainnya. Klub juga memiliki hak untuk membeli kembali dia,” tulis situs resmi Barcelona.

Jika Mina didatangkan dengan status permanen dengan hak pembelian kembali, Gomes hanya datang dengan status pinjaman macam casan handphone. Jadi kalau masa pinjaman sudah berakhir, maka harus dikembalikan kepada yang punya.

“Barcelona dan Everton juga mencapai kesepakatan untuk meminjamkan Andre Gomes pada musim 2018-2019. Klub Inggris itu akan membayar sebesar 2,25 juta euro untuk peminjaman itu dan juga akan membayar gajinya,” kata pihak Barca.

Kedatangan Mina dan Gomes melanjutkan kedatangan pemain Barcelona lain yang telah datang sebelumnya yaitu Lucas Digne. Selain dari kedua pemain Barcelona itu, Everton juga sebelumnya mendapatkan winger Shakhtar yaitu Bernard tanpa akhiran Bear. Pemain asal Brasil didatangkan dengan status bebas transfer.

Sejak musim lalu, Everton memang terlihat aktif dalam masa transfer pemain. Pada bursa kali ini, mereka sebelumnya telah mendatangkan Richarlison dan Digne dengan harga yang lumayan bikin lu manyun.

Main photo: moddingway.com

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here