European Super League (ESL) bak rencana buka puasa bersama teman-teman kuliah yang ujungnya cuma sekadar wacana. Boro-boro terlaksana, baru dua hari sudah bubar saja.

Meski demikian, penggagas ESL, bapak Florentino Perez menegaskan kalau ESL belum bubar. ESL masih tetap rencana dan tak akan jadi sekadar wacana. Meski sebagian besar tim pendiri sudah memutuskan keluar, namun itu hanya formalitas di mulut saja.

Perez ini semacam admin di grup WA. Dia yang menggagas rencana bukber, yang ujungnya cuma jadi wacana. Semuanya bilang “Oke”, di ujung pada batalin.

Secara de jure memang dikatakan ESL sudah bubar. Namun secara de facto, Perez menegaskan belum bubar. Apa pasalnya Perez bilang begitu? Soalnya tim-tim yang keluar belum membayar denda.

Jadi ceritanya para pendiri ESL ini sudah ada tanda tangan kontrak. Katanya. Nah tim-tim yang sudah keluar yakni semua tim dari Inggris yang tak perlu disebutkan tim mana saja, yang jelas bukan Derby County atau Millwall, belum membayar denda dari keluarnya mereka dari ESL.

Tak lama kemudian, AC Milan, Inter Milano, dan Atletico Madrid juga kabarnya mengundurkan diri. Menyisakan Juventus, Barcelona, dan Real Madrid.

Juve sebenarnya sudah mengeluarkan pernyataan resmi, tapi tidak ada penegasan kalau mereka mundur. Mereka hanya bilang kalau ESL ini tidak cukup untuk dilanjutkan, dan intinya mereka tetap berkomitmen membawa sepak bola menjadi lebih baik. Kalau Barca juga belum jelas. Yang pasti hanya Madrid, soalnya enggak mungkin mereka mundur.

Kalau cuma berempat, ya mending bikin turnamen trofi Florentino Perez saja. Daripada maksa bikin ESL. Nah inilah yang ditegaskan Opa Perez.

https://twitter.com/FabrizioRomano/status/1385005350252945408?ref_src=twsrc%5Etfw%7Ctwcamp%5Etweetembed%7Ctwterm%5E1385005350252945408%7Ctwgr%5E%7Ctwcon%5Es1_&ref_url=https%3A%2F%2Fwww.bolasport.com%2Fread%2F312661704%2Fflorentino-perez-klub-yang-mundur-belum-bayar-denda-european-super-league-masih-stand-by

Dia bilang kalau ESL masih dalam posisi standby. Tim yang mundur cuma di mulut doang. Belum ada yang mundur secara hukum alias bayar denda. Perez juga bilang kalau Milan itu juga sebenarnya belum mundur. Masih antara ya dan enggak.

“Juventus dan AC Milan belum meninggalkan Super League. Real Madrid, Barcelona, Juventus dan AC Milan masih berunding untuk mencari solusi,” kata Perez dikutip Bolasport.

Menurut Perez, 12 klub masih terikat kontrak yang sama sehingga jika memutuskan keluar maka harus membayar denda. Saat ini, klub-klub yang memutuskan keluar sama sekali belum membayar denda tersebut.

“Jika proyek ini tidak berjalan, maka proyek lainnya yang akan jalan. Ingat, semua 12 tim telah menandatangani kontrak awal,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here