Setelah Piala Dunia berakhir, klub-klub di Eropa memulai kembali aktivitas pra musim mereka. Salah satu yang mereka lakukan adalah dengan mengadakan pertandingan uji coba melawan klub sepak bola lainnya. Sebab kalau uji coba melawan klub bola voli pantai pastinya tidak akan cocok. Apalagi jika melawan klub pecinta lingkungan.

Hal tersebut berlaku juga untuk Liverpool. Usai menghambur-hamburkan uang untuk belanja pemain, tidak lupa mereka menjalani pertandingan uji coba sebelum musim dimulai. Sekalian pamer pemain-pemain baru juga.

Untung saja nasib pemain baru tersebut tidak seperti jika beli sepatu baru. Biasanya kalau beli sepatu baru lalu bertemu dengan teman-teman yang lain bakalan diinjak.

Salah satu bek Liverpool yaitu Virgil van Dijk pun mendapat peran tambahan selama jadwal pra musim ini. Bukan sebagai figuran macam yang sering nongol di FTV buatan SCTV lalu mondar-mandir di belakang aktor betulan. Bek asal Belanda tersebut didaulat untuk menjadi guru bagi para pemain muda.

Padahal yang bersangkutan sepertinya belum pernah menempuh pendidikan di IKIP atau Universitas Negeri manapun. Meski begitu Jurgen Klopp tetap memercayakannya untuk membimbing skuat muda Liverpool.

Contohnya seperti pada saat pertandingan uji coba melawan Blackburn Rovers. Pada babak kedua, van Dijk berduet dengan pemain muda Nat Phillips di sektor jantung pertahanan Liverpool. Hasilnya cukup baik dimana Liverpool tidak kebobolan sama sekali pada pertandingan tersebut meski kipernya adalah Loris Karius.

https://twitter.com/Sporf/status/1020054587573776384

Selain mereka, Klopp juga rutin memainkan pemain muda lain macam Curtis Jones dan Rafa Camacho pada empat pertandingan uji coba yang telah dimankan “The Reds”.

“Saya suka bermain dengan pemain muda pada pramusim dan membantu mereka berkembang. Saya pikir Phillips tampil baik. Mereka harus kerja keras, menikmati dan memanfaatkan kesempatan ini,” kata Van Dijk, dilansir situs resmi Liverpool.

Sejauh ini Liverpool telah menjalani Chester FC, Tranmere Rovers, Bury, dan Blackburn selama pertandingan pra musim. Dari empat pertandingan tersebut, tiga diantaranya berakhir dengan kemenangan. Sementara satu pertandingan lainnya berakhir tanpa gol.

“Partai-partai ini sangat penting, terutama bagi pemain baru. Kami perlu saling mengenal kekuatan dan kelemahan satu sama lain,” ungkap Van Dijk.

Sementara itu Liverpool baru saja takluk pada pertandingan pertama mereka di International Champions Cup (ICC) 2018. Pasukan Jurgen Klopp takluk 1-3 atas Borussia Dortmund pada pertandingan yang digelar di Bank of America Stadium.

Liverpool sebenarnya tampil dengan mayoritas skuat utama mereka . Van Dijk pun berhasil mencetak satu gol pada babak pertama melalui sundulan kerasnya di menit ke-25.

Namun kedua tim yang hampir mengganti seluruh skuatnya pada babak kedua membuat Dortmund bisa membalikan keadaan. “And the comeback is complete” kalau kata Jim Beglin di gim PES.

The Reds” selanjutnya akan berhadapan dengan Manchester City dan Manchester United pada dua pertandingan ICC lainnya.

https://twitter.com/AlissxnAlert/status/1021135524273287168

Main photo: theanfieldwrap.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here