Oleh: Bayu Budi P.

Kemenangan Atletico Madrid di final Liga Malam Jumat memang menyisakan tangis bagi publik Marseille. Bagaimana tidak? Trofi yang diidam-idamkan publik Marseille harus pupus dan pemain kandung mereka, Dimitri Payet, harus meringis kesakitan karena cedera apalagi dengan skor yang mencolok 0-3 dan digelar di negara mereka sendiri. Sungguh cobaan yang berat untuk publik Marseille.

Namun bukan topik itu yang kali ini dibahas, melainkan tentang mantan pemain Atletico, Yannick Ferreira Carrasco dan Nicolas Gaitan yang tidak ikut dalam bertanding apalagi perayaannya. Namanya juga mantan, syukur-syukur kalau diundang. Jika tak diundang, bisa jadi karena dulunya sering telat apel pagi atau sengaja bolos untuk beli es kepal milo yang viral untuk menu buka puasa nanti.

Jika Anda mencari mereka di bench cadangan, ruang ganti, sampai WC Atletico Madrid enggak bakal ketemu. Soalnya sudah dapat surat pindah dari RT setempat. Kenyataanya memang mereka sudah resmi berpisah dari Atletico sejak Februari lalu. Meskipun tidak melalui proses pengadilan agama apalagi mengurus harta gono-gini dan hak asuh anak.

Mereka telah resmi pindah ke Liga China atau CSL (Chinese Super League ) untuk membela panji kebesaran biru muda tapi tentunya bukan Manchester City melainkan Dalian Yifang. Keduanya ditransfer sebesar 26,5 juta euro untuk Carrasco dan 15,8 juta Euro untuk Gaitan.

Debut mereka berdua di Liga China ditemani bek rupawan macam Shaheer Sheikh, yakni Jose Fonte. Tapi harus dinodai oleh teman-teman di Eropa mereka sendiri yaitu Hulk, Oscar, serta Wu Lei yang selalu luwe alias lapar dalam bahasa Jawa.

Dalian dibantai dengan skor 0-8 oleh Shanghai SIPG. Meskipun mereka telah memakai deterjen Easy agar mencuci serasa 10 tangan, namun hasil akhir tetap 0-8. Nampak pemain Dalian tertunduk lesu menuju ruang ganti walau tiang gawang mereka tetap tak berekspresi.

Kemenangan mereka pun baru didapat pada round 9 jadi selama delapan pertandingan atau kurang lebih dua bulan mereka bersedekah dan membagikan poin kepada lawan. Sungguh mulia tim ini. Mungkin terinspirasi “Robinhood” asal Inggris yakni Liverpool.

Lawan yang mereka kalahkan juga bukan klub biasa melainkan juara bertahan musim lalu Guangzhou Evergrande Taobao yang diperkuat eks pemain Ajax yakni Nemanja Gudelj.

Carrasco ikut andil dalam tiga gol yang dicetak Dalian. Permainannya selama 90 menit pertandingan menunjukkan bahwa rumus Bang Young Lex itu benar. Yakni Ngayal + Kerja Keras = Kenyataan. Kalau tak percaya bisa dicek di Youtubenya Young Lex berjudul Draw My Life. Mengalahkan tim besar bukan hal yang mustahil. Coba tanyakan saja pada Levante.

Sampai round ke-11, ini Dalian baru mengumpulkan sembilan poin sehingga masih terjerat zona degradasi dan berusaha lepas. Macam berusaha move on dari bayang-bayang mantan yang akhirnya dinikahi teman, dasar teman makan teman. Sakit.

https://twitter.com/EPLBible/status/969947465532272642

Meskipun klub mereka terjerat degradasi, performa Carrasco serta Fonte nyatanya tidak terlalu berpengaruh terhadap kariernya di timnas. Carrasco dan Fonte terpilih skuat sementara timnasnya masing-masing. Mengingat peran Fonte saat membawa Portugal menjuarai Piala Eropa 2016 dan Carrasco yang termasuk generasi emas Belgia.

Kalau tak dipanggil, takut tidak enak dikiranya pelatih mereka menganaktirikan keduanya. Seperti Bawang Merah yang selalu dimanja, dan Bawang Putih yang kena ampasnya.

Sayangnya, nasib Carrasco dan Fonte tak sesial Gaitan. Pemain berusia 30 tahun itu gagal dipanggil timnas Argentina lantaran tak mampu menembus ketatnya persaingan.  Ketika rekan setim bersuka cita di kejuaraan, Gaitan masih harus terjebak di zona degradasi. Tentu saja perjuangan makin berat.

Para penggawa Dailan tentu harus merasakan roda dan asam manis kehidupan dan akan terus berjalan. Ketika kita di atas nantinya pasti akan ke bawah macam Bianglala Dufan. Kalau di atas terus, kapan keluar dari wahananya?

Main photo: Tech2.org


Bayu BudiBayu Budi P.

Pelajar yang ikut SBMPTN

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here