Nama Manuel Neuer dipastikan Joachim Loew akan selalu menghiasi daftar starting eleven timnas Jerman untuk saat ini. Hal tersebut jelas membunuh harapan Marc-Andre Ter Stegen yang berhasrat menjadi kiper nomor satu “Die Mannschaft”. Kasihan sekali.

Penampilan Neuer bersama timnas Jerman memang terlihat mengalami penurunan belakangan ini. Apalagi setelah “Der Panzer” hancur lebur pada kompetisi tertinggi sepak bola, Piala Dunia.

Kiper yang tombol segitiganya sering kepencet alias kerjanya maju-maju keluar kotak penalti itu juga tampil tak cukup bagus pada ajang UEFA Nations League beberapa waktu lalu.

Pada laga Liga Champions antara Bayern melawan Liverpool pekan lalu, kebiasaannya untuk keluar dari sarang akhirnya kembali berbuah petaka. Sadio Mane berhasil mengecoh Neuer sebelum melepaskan tendangan terarah ke gawang.

Meski mengalami penurunan peforma, namun Joachim Loew tetap memberikan kepercayaan kepada Neuer untuk mengisi pos di bawah mistar gawang Jerman.

Jelang jeda internasional yang akan berlangsung, Loew lebih memilih Neuer dibanding Ter Stegen untuk mengawal gawang timnas yang sudah empat kali juara dunia itu.

Padahal seperti yang kita ketahui bahwa Ter Stegen tampil gemilang bersama Barcelona musim ini. Bahkan dari 37 penampilannya di semua kompetisi, kiper yang fasih membaca koran berbahasa Jerman itu telah mencatatkan 15 kali clean sheet serta hanya kebobolan 32 kali.

Jerman sendiri akan menghadapi Serbia di laga persahabatan dan kualifikasi EURO 2020 melawan Belanda.

“Keputusan saya sama sekali tidak berubah, Neuer adalah kiper pilihan pertama saya. Saya sudah mengatakan ini di bulan November dan saya akan mengulanginya lagi, ia adalah pemain nomor satu kami dan juga kapten kami,” kata Loew seperti dilansir dari Liputan6.

Lebih baik terang-terangan seperti itu memang. Daripada dijanjikan, tapi kenyataannya tak pernah kejadian. PHP istilah kerennya.

Loew sendiri mengakui kehebatan Ter Stegen yang dikatakannya sebagi kiper kelas dunia dan akan memberi kesempatan suatu saat nanti. Tapi tidak sekarang.

“Ter Stegen bermain untuk klub hebat, kelas dunia dan saya akan memberinya peluang untuk bermain.”

“Jelas akan ada kompetisi di semua tempat tetapi, setidaknya di posisi penjaga gawang, saya harus mengatakan bahwa Neuer tetap menjadi kiper utama kami.”

Main photo: liverpooloffside.sbnation.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here