Musim lalu bisa jadi salah satu musim yang menyedihkan bagi Barcelona. Selain gagal jadi “invincibles” alias tidak terkalahkan, mereka kehilangan salah satu pemain ‘roh’ penting permainan yaitu Andres Iniesta. Gelandang bertahan berusia 34 tahun tersebut memutuskan untuk pensiun dari Barcelona dan hijrah ke klub Jepang, Vissel Kobe.

Kepergian Iniesta akan membuat satu lubang di posisi lini tengah Barcelona. “Blagurana” pun mendatangkan pemain dengan tipikal gelandang tengah macam Arthur Melo dan Malcom tanpa X.

Meski begitu, sebenarnya Barcelona sudah memiliki pemain yang bisa mengisi ruang yang ditinggalkan Iniesta. Pemain tersebut adalah Denis Suarez yang berniat untuk jadi pilihan utama untuk menggantikan peran sentral Iniesta di skuat Barcelona.

Iniesta sendiri memutuskan untuk mengakhiri perjalanannya membela Barcelona setelah 22 tahun kebersamaan. Kalau membesarkan anak dengan waktu selama itu sudah sampai lulus S1. Gelandang legendaris timnas Spanyol dan Barcelona itu akhirnya memutuskan untuk melanjutkan kariernya di negeri yang katanya dekat dengan Desa Konoha.

Gelandang bertubuh mungil tersebut tak bisa dipungkiri adalah salah satu kunci permainan Barcelona dalam beberapa tahun silam. Memang sejak Facebook mulai mendunia, bersamaan dengan itulah Barcelona menjelma menjadi sangat mengerikan meskipun kedua hal tersebut tidak ada hubungannya.

Selama kariernya, total sudah 30 gelar yang ia persembahkan untuk Barcelona. Iniesta juga berperan penting dalam keberhasilan Barcelona saat meraih gelar treble pada tahun 2008 dan 2015 yang lalu.

Kepergiannya jelas membuat satu posisi di lini tengah menjadi lowong. Meski begitu, Barcelona tidak lantas memasang iklan loker alias lowongan kerja di Jobstreet. Pindahnya Iniesta malah jadi berkah bagi Suarez yang tidak suka menggit seperti Suarez yang lain.

Suarez berniat untuk merebut tempat di posisi tersebut. Ia juga tidak ragu untuk berebut tempat dengan para pemain baru. Enak saja mungkin pikirnya, anak baru yang belum sempat diospek masak sudah mau masuk skuat inti.

“Kepergian Iniesta adalah hal yang besar bagi kami. Saya tidak berniat untuk membandingkan diri dengan dia, tapi benar bahwa kami memiliki kesamaan karakteristik,” ujar Suarez yang sebenarnya terdengar agak kepedan dikutip dari Liputan6.

“Sekarang dia telah pergi, saya berharap bisa mengambil kesempatan dari situasi ini dan mendapatkan menit bermain yang lebih,” lanjutnya.

Memang meski jarang mendapat menit bermain, namun performa Denis dapat dikatakan cukup baik. Berulang kali ia merepotkan lini pertahanan lawan tanpa malu-malu. Padahal biasanya kalau merepotkan orang lain kita jadi segan, tetapi beda dengan si Denis.

Pemain berusia 24 tahun itu berniat memanfaatkan kesempatan kala mendapat menit bermain. Ia juga mengaku sudah berbicara dengan pelatih Ernesto Valverde atas niatannya untuk bertahan di Barcelona.

“Saya telah berbicara dengannya [Valverde] dan dia tahu niat saya ingin bertahan. Niatannya pun ingin melihat saya bertahan. Saya sedang mempersiapkan diri agar bisa dalam kondisi terbaik di musim depan, dan saya akan mencoba meyakinkan dia bahwa saya bisa bermain dari awal,” pungkasnya.

Musim lalu mantan pemain Villareal itu mencatatkan 18 penampilan di La Liga. Total dua gol dan dua assist ia sumbangkan dimana Denis Suarez lebih banyak turun sebagai pemain pengganti.

https://twitter.com/Sporf/status/839252401215373313

Main photo: must.com.mx

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here