Kabar mengejutkan datang dari Juventus. Juve yang tengah bersiap untuk menjalani laga perdana Seri A lawan Chievo Verona, tiba-tiba dikagetkan sebuah kabar yang bikin kaget. Kalau tidak bikin kaget, berarti bukan berita mengejutkan.

Salah satu pemain legend mereka, Claudio Marchisio, yang juga berperan sebagai wakil kapten Giorgio Chiellini, mendadak minta cerai setelah menjalin hubungan selama 25 tahun dengan Juventus.

Ada-ada saja. Hubungan sudah begitu lama, hitungannya sudah ulang tahun Perak, tapi masih tetap berpisah. Memang begitulah takdir. Ada pasangan sudah kakek-nenek punya cucu, lalu cerai, ada.

Marchisio yang sudah bermain untuk Juventus sejak usia 7 tahun itu merasa sudah tak bisa memberikan kontribusi besar buat Juve. Sejak cedera lutut yang dialaminya dua musim lalu, Massimilliano Allegri tak lagi menjadikannya sebagai pilihan pertama. Performanya juga sudah tak seperti dulu.

Apalagi, pemain berwajah ganteng loyal itu sudah berusia 32 tahun. Allegri lebih mengandalkan Miralem Pjanic, Sami Khedira, dan Emre Can yang tampak lebih segar macam daging-daging di swalayan.

Marchisio sebetulnya sudah menyatakan keinginannya untuk bertahan beberapa pekan lalu. Dia masih ingin tetap setia meski Juve sudah punya PIL alias Pria Idaman Lain di lini tengah.

 

https://twitter.com/FootballFactly/status/1030385247056084992

Namun, jelang Seri A bergulir, Marchisio sepertinya berpikir ulang. Dia pun meminta putus dengan Juve dan klub terpaksa melakukannya. Mau bagaimana, kalau sudah tak mau ada komitmen, tak bisa dipaksa.

“Terima kasih untuk segalanya Claudio! Cerita mengenai Marchisio dengan Juventus berakhir hari ini setelah menyudahi kontraknya lewat kesepakatan bersama,” tulis pernyataan Juventus yang aslinya adalah bahasa Inggris dan Italia, bukan Indonesia, seperti dikutip CNN Indonesia.

“Dalam setiap pertandingan dan trofi yang diangkat, impian masa kecilnya menjadi kenyataan. Sebenarnya impian kita berdampingan dengan Claudio. Melihatnya tumbuh, tahun demi tahun, seorang pria, suami dan ayah mengisi Bianconeri dengan rasa kepuasan yang unik.”

Marchisio memang sangat mencintai Juventus. Dari awal kariernya sudah memakia kostum belang-belang macam kertas kresek jajanan pasar itu. Dia sepertinya sudah menjadi ikonnya kota Turin makanya dia dijuluki “Il Principino” alias Pangeran Kecil dari Turin.

Marchisio juga ikutan Gianluigi Buffon dan kawan-kawan saat Juve main di Seri B. Marchisio sebenarnya sempat berkostum klub lain, Empoli, pada 2007/08 dengan status karyawan magang. Tapi itu cuma semusim sebelum akhirnya balik lagi mengenakan kostum Juve untuk (hampir) selama-lamanya.

Marchisio lalu berperan penting di Juve sejak saat itu. Total, ia mengukir 389 penampilan dan 37 gol. Ia juga mengoleksi tujuh medali Scudetto secara beruntun dan empat titel Coppa Italia. Sayangnya dia tak pernah memberikan medali apapun buat Juventus untuk ajang Olimpiade dan Asian Games.

Wajar kalau perpisahan ini begitu kaget dan emosional. Juve juga sepertinya tak sempat membuat acara farewell macam-macam. Bahkan bikin acara yang ada panggungnya lalu diisi tari-tarian yang mirip acara perpisahan anak kelas 6 saja tidak.

Para fans Juventus juga kaget bukan main. Tak menyangka kalau legend-nya itu akhirnya memilih untuk pergi meninggalkan klub. Padahal, selama ini dia dikenal sebagai pemain yang rajin menularkan semangat dan ideologi klub kepada pemain-pemain baru. Yang pasti bukan ideologi Pancasila.

“Melihatnya bertumbuh dan berkembang, tahun demi tahun, menjadi seorang suami dan ayah, telah memberikan sesuatu yang unik bagi kami. Bisa menemaninya menjadi sosok juara di kampung halamannya sendiri merupakan sebuah keistimewaan dan kehormatan bagi kami,” sambung pernyataan resmi Juventus.

“Dan kami dengan senang hati akan selalu mengikuti ke mana ia akan melangkah di masa mendatang. HItam-putih akan selalu menjadi bagian dari dirinya dan kisahnya. Terima kasih untuk segalanya, Claudio!”

Marchisio kini akan free agent. Besar kemungkinan akan melanjutkan kariernya di MLS. Sekalian menghabiskan akhir kariernya di negerinya Donald Trump.

 

Main photo: Football Stuff

6 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here