Tak diduga-duga, timnas Denmark akhirnya yang melaju menemani Belgia dari Grup B ke babak 16 besar. Tim Dinamit berhasil membantai Rusia dengan skor 4-1. Luar biasa.

Padahal, dua laga pertama Denmark meraih kekalahan. Mereka tampak sudah desperate, soalnya kalau Finlandia seri saja lawan Belgia, Denmark pasti harus menunggu status peringkat tiga terbaik.

Apalagi, Rusia yang jadi lawan terakhir juga tak mudah dikalahkan. Tapi siapa sangka, Denmark justru bisa menang dengan skor luar biasa. Mereka jadi tim pertama yang bisa menang dengan skor paling besar selama ajang Euro 2020 (21).

Denmark memang sempat kesulitan menembus barikade pertahanan Rusia. Namun, kipernya Rusia memang terlihat cukup culun. Matvei Safonov yang diturunkan masih terbilang muda, ternyata memang gampang dibobolnya.

Denmark membuka keran gol usai Mikkel Damsgaard melepaskan tendangan cantik dari luar kotak penalti di babak pertama. Di babak kedua, Rusia melakukan kesalahan tolol.

Bek mereka salah melakukan back pass dan bisa diserobot Yussuf Poulsen. Safonov belum apa-apa sudah jatuh duluan, akibatnya Poulsen gampang bikin golnya.

Rusia sempat memperkecil ketinggalan lewat voucher penalti Artem Dzyuba. Namun gol itu tak berarti. Denmark justru menambah dua gol lewat tendangan cantik (lagi) kali ini dari Andreas Christensen dan Joakim Maehle hasil dari serangan balik.

Kedua gol terakhir itu harusnya bisa diantisipasi oleh Savonov. Namun memang Safonov harus banyak-banyak latihan. Kalau perlu latihan bareng kipernya Shaolin Soccer.

Denmark pun merayakan kemenangan ini dengan berlinang air mata. Soalnya meski mengumpulkan tiga poin, namun mereka unggul berkat selisih gol yang besar. Andai cuma menang 1-0 saja, mungkin Finlandia yang akan melaju pasti jadi runner-up.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here