Entah kabar buruk atau baik bagi para pendukung Liverpool, namun tim kebanggaan mereka itu akan tetap mempertahankan Simon Mignolet. Setidaknya hingga bursa transfer mendatang. Kepergian Loris Karius membuat Mignolet dipastikan menjadi kiper kedua setelah Alisson Becker.

Masalah per-kiper-an nampaknya menjadi hal serius bagi kubu Liverpool dalam beberapa musim terakhir. Memang sebuah tim yang solid dan jago biasanya memiliki kiper yang hebat pula. Masalahnya percuma jika punya sepuluh pemain macam Lionel Messi, tapi kipernya Karius sedang panah ke bawah seperti di gim PES.

Performa Mignolet yang sempat bagus pada dua tahun lalu, ternyata performanya malah terus menurun drastis macam nilai tukar rupiah saat krisis moneter.

Posisinya pun sempat tergantikan oleh Karius yang kualitasnya lumayan menjanjikan macam omongan tukang jual DVD porno di Glodok dahulu kala. Dibilang video bagus artis Jepang, taunya saat disetel di rumah isinya adalah kartu Doraemon.

Begitulah yang terjadi pada Karius, sempat mendapat harapan dari para penggemar “The Reds”, Karius malah berulah di laga paling penting Liverpool dalam beberapa tahun terakhir. Ia membuat dua blunder epik pada laga final Liga Champions melawan Real Madrid.

Pada bursa transfer kemudian Liverpool membuat rekor klub dengan pembelian kiper termahal sepanjang sejarah mereka. Alisson Becker resmi didapatkan dari AS Roma dengan nilai transfer mencapai 70 juta poundsterling.

Karius sendiri akhirnya resmi dilepas kepada klub Turki yaitu Besiktas dengan masa peminjaman terlebih dahulu yang juga memiliki opsi permanen nantinya. Peminjaman Karius dilakukan Besiktas dengan durasi selama dua tahun.

Hal ini sempat mendapat perhatian dari Mignolet, sebab dirinya merupakan pilihan utama Besiktas sebelum Karius. Namun Liverpool enggan melepasnya dengan status pinjaman. Padahal kiper asal Belgia tersebut juga sangat berhasrat untuk meninggalkan Liverpool demi mendapat jaminan bermain.

“Kepindahan Karius tidak membuat perbedaan untukku. Aku selalu jelas: aku cuma ingin main. Menjadi kiper nomor dua atau nomor tiga cuma beda tipis. Menit bermainlah yang paling penting.” komentarnya pada kasus itu seperti dikutip dari Liputan6.

Mignolet pun dipastikan akan tetap dipertahankan Liverpool demi menjadi pelapis dari Alisson. Bagaimana tidak, jika Mignolet juga pindah, akan riskan sekali apabila Alisson suatu ketika mendapat cedera.

Tidak mungkin memasang Mohamed Salah yang haus gol di depan gawang, lalu dijadikan kiper. Pasti gatal menendang bola ke gawang dia. Ujung-ujungnya malah menendang bola ke gawang sendiri bisa-bisa.

“Sikap saya sudah jelas, saya ingin bermain dan hal itu tidak mungkin saya dapatkan di sini. Jadi mengapa Karius boleh pergi sedangkan saya tidak,” ungkap Mignolet.

Liverpool sendiri kini hanya memiliki Mignolet dan Alisson setelah kepergia Karius. Kondisi ini juga tidak memungkinkan mereka merekrut kiper baru sebab bursa transfer Premier League telah ditutup.

Selain itu Fulham juga dikabarkan meminati jasa kiper Belgia tersebut. Namun kini Mignolet sepertinya harus mengkrabkan diri dengan bangku cadangan setidaknya hingga bursa transfer musim dingin 2019 mendatang.

Main photo: Twitter @smignolet

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here