Beberapa catatan menarik terjadi pada laga antara Juventus kontra Sampdoria. Salah satunya diukir oleh Gianluigi Buffon yang menyamai jumlah pertandingan terbanyak di Serie A milik Paolo Maldini.

Kemenangan itu membuat Maurizio Sarri tercatat menjadi pelatih tercepat yang meraih 100 kemenangan di Serie A hanya dalam 169 laga saja.

Terakhir adalah satu nama yang sepertinya cukup abadi selain W*ranto yang telah bermusim-musim bermain di Serie A.

Kiper kawakan Gianluigi Buffon yang dipercaya menjadi pilar terakhir di bawah mistar gawang Juventus telah mencapai rekor baru dalam perjalanan kariernya. Ia menyamai rekor Paolo Maldini yang tercatat sebagai pemilik jumlah penampilan terbanyak di Serie A dengan total 647 laga.

Wajar saja memang Buffon telah mencapai angka sebanyak itu. Dari dulu sampai sekarang main bola terus kerjanya dia tidak pensiun-pensiun. Dari zaman orde baru sampai reformasi, pemain silih datang berganti, Buffon masih tetap main saja.

Padahal Pak Buffon ini sudah ‘toku’ alias tua sekali. Umur Buffon sudah mencapai umur bapak-bapak yang suka mengirim lawakan garing di grup-grup Whatsapp.

https://twitter.com/brfootball/status/1206230971147837446?s=20

Walaupun sudah menginjak usia 41 tahun, namun Buffon sepertinya belum menunjukan tanda-tanda untuk melakukan pensiun. Jangankan pensiun, bahkan Buffon mengaku masih menginginkan rekor baru sebagai pemain dengan catatan bermain terbanyak di Serie A.

“Ini mengasyikkan dan itu juga alasan mengapa saya terus bermain. Saya tahu bahwa saya masih bisa tahu rasanya emosional, bersama dengan rekan-rekan setim,” kata Buffon dikutip dari Detik.

“Akan masih banyak lagi momen, selama saya masih memberi jawaban di atas lapangan. Yang utama saat ini adalah untuk memetik kemenanan dan menyudahi tahun pada posisi teratas di liga.”

“Lainnya hanya membuatnya menjadi lebih manis. Bukan tujuan yang penting untuk bisa memainkan pertandingan ke-648 di Serie A saat ini. Tapi, andai saya bisa menjalani itu, saya ingin menjalaninya bersama Juventus di puncak klasemen,” dia menambahkan.

Buffon sendiri mengawali karier bersama Parma di mana dia memenangi Piala UEFA dan Coppa Italia pada 1999. Dua tahun kemudian, Buffon hijrah ke Juventus.

Bersama klub yang bermarkas di Turin ini, Gigi berhasil memenangi sembilan gelar Serie A, empat gelar Coppa Italia, dan dua kali finis sebagai runner-up Liga Champions.

Pada musim 2018 ia sempat bermain bagi klub luar negeri untuk pertama kalinya sepanjang kariernya. Buffon bergabung dengan Paris Saint-Germain serta memenangi gelar Ligue 1 di sana, sebelum akhirnya kembali lagi ke Juventus pada musim 2019.

https://twitter.com/goal/status/1206779046635474944?s=20

Main photo: Twitter

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here