Sir Alex Ferguson pernah menyatakan ketakutannya akan perkembangan Liverpool di bawah asuhan Juergen Klopp. Kini ketakutan tersebut nampaknya sudah terbukti, Liverpool sedang menjelma menjadi salah satu tim terkuat di dunia saat ini.

Jurgen Klopp seperti diketahui datang ke Anfield pada tahun 2015 lalu usai cerai dengan Borussia Dortmund.

Awal mulanya, Liverpool masih biasa-biasa saja seperti sebelumnya. Menang kalah yang penting ‘hore-hore’ sambil semua pemain berpegangan tangan ke arah penonton.

Tapi belakangan, kekuatan yang dibangun Jurgen Klopp mulai terlihat hasilnya. Kejagoan Liverpool makin menjadi dan tidak masuk akal baik di liga, pentas Eropa, maupun di gim macam PES atau FIFA.

Musim lalu Liverpool berhasil juara harapan kedua liga dengan hanya menelan satu kekalahan. Paling sedikit di antara semua tim Premier League. Pada musim ini, Liverpool bahkan melibas semua pertadingan liga dengan kemenangan.

Dua musim terakhir Liverpool juga mencapai final Champions League dengan satu diantaranya berhasil mengangkat trofi “Si Kuping Panjang”. Kebanyakan dijewer mungkin waktu kecil jadi bisa panjang begitu.

Ternyata performa Liverpool saat ini sudah diwanti-wanti oleh Ferguson. “Sudah kubilang, Ferguso,” mungkin begitu kata Ferguson dalam hati.

Seperti dilansir dari CNN Indonesia, Ferguson pernah mengatakan kekhawatirannya terhadap Liverpool. Bukan khawatir performa mereka bakal kocak, tapi khawatir jadi kejagoan Liverpool-nya.

https://twitter.com/Football__Tweet/status/1183143052883451905?s=20

Ia mengatakan bahwa kehadiran Juergen Klopp di posisi pelatih membawa dampak positif bagi kebangkitan rival abadi MU tersebut.

“Klopp melakukan hal yang bagus dan mengembalikan antusiasme pada Liverpool. Dalam dua dekade terakhir, Liverpool melakukan pergantian manajer tanpa membangun identitas mereka.”

“Kini kalian bisa melihat dan merasakan bahwa kalian harus memperhitungkan mereka sejak tahun ini. Kalian bisa melihat dedikasi Klopp di pinggir lapangan. Saya yakin hal yang sama terjadi ketika ia memimpin latihan,” ucap Ferguson di tahun 2016 seperti dikutip dari CNN Indonesia.

Kini ramalan dari Ferguson terbukti benar. Liverpool dan segala pendukungnya nongol setiap minggu di linimasa berkoar-koar mumpung timnya sedang jago-jagonya. Apalagi pada saat yang sama MU sedang meratapi keterpurukan mereka.

Kedua tim sendiri akan berjumpa pada lanjutan Premier League akhir pekan nanti yang bakal digelar di Old Trafford.

“Klopp punya karakter yang kuat. Ini adalah hal vital bagi sebuah klub.”

“Saya khawatir terhadap kehadiran dirinya karena satu hal pasti yang tak diinginkan MU adalah Liverpool ada di atas kami,” ucap Ferguson.

https://twitter.com/AnfieldWatch/status/1183497655642742791?s=20

Main photo: Twitter

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here