Selamat ulang tahun, Francesco Totti! Hari ini, 27 September 2016, sehari sebelum tanggal gajian, tepat 40 tahun si Pangeran Roma hidup di dunia. Ucapan selamat datang dari berbagai penjuru mulai dari Lionel Messi, Usain Bolt, hingga para netizen khususnya fan AS Roma di seluruh dunia.

Usia 40 tahun memang sebuah angka yang fantastis bagi seorang pesepakbola. Ketika rekan-rekan seangkatannya sudah gantung sepatu, menjadi pelatih, menjadi wakil presiden klub, bermain bersama anak, bahkan ada yang kawin lagi, Totti masih memilih gocek-gocek di Olimpico, Roma.

Secara fisik Totti sudah pasti tak seprima dulu. Selain mulai jarang bermain penuh, Totti juga tidak terlalu banyak berlari, tak selincah Vicky Burki saat memimpin aerobik. Nafasnya juga mungkin sudah mulai ngap-ngapan. Namun, umpan-umpan manis manjanya tetap tidak hilang. Dia juga masih dipercaya menjadi algojo penalti. No Totti, No Party!

totti2
Sumber: @OfficialASRoma

Usia 40 tidak menjadi batasan bagi pria bertinggi badan 180 cm itu. Dia tidak takut terserang asam urat, jantung, asma, perut buncit, dan impotensi seperti bapak-bapak seusianya yang suka maksa bermain bola. Yang jelas, Totti masih giat bermain dan hanya ada satu klub di hatinya, AS Roma.

Totti kini masuk ke dalam daftar deretan pemain yang masih kuat bermain hingga usia 40 tahun atau lebih. Dia menemani banyak nama seperti Gordon Strachan, Alessandro Del Piero, Paolo Maldini, Edwin van der Sar, Ryan Giggs, Dino Zoff, dan masih banyak lagi yang tak bisa disebutkan satu per satu, seperti daftar “yang terhormat” di kata sambutan.

Selebrasi fenomenal Totti. Selfie. Sumber: @WillHillBet
Selebrasi fenomenal Totti, Selfie. Sumber: @WillHillBet

Nama Totti memang sudah melegenda bagi kota Roma. Terlahir di Roma, kemudian bermain bersama “I Giallorossi” selama 23,5 tahun. Tepat pada 23 Maret 1993, Totti melakukan debutnya di Seri A bersama Roma melawan Brescia. “Saya hanya pemanasan 10 detik, kemudian masuk ke lapangan dan hanya menyentuh bola beberapa kali. Tapi saat itu saya sangat senang sekali,” ujar Totti seraya mengenang masa-masa indahnya saat pertama kali membela Roma.

Kemudian pada 1998, Totti yang saat itu masih kinyis-kinyis berusia 22 tahun sudah diangkat menjadi kapten Roma. Kapten termuda sepanjang sejarah klub. Selama sekian lama di Roma dan tak bosan-bosan itu, Totti sukses mempersembahkan satu Scudetto dan dua Coppa Italia. Dia telah bermain sebanyak 740 pertandingan dan mencetak 300 gol. Selama di tim nasional Italia, Totti bermain sebanyak 59 caps, mencetak sembilan gol, dan mempersembahkan satu gelar Piala Dunia 2006.

Wajar jika ucapan selamat datang dari berbagai penjuru. Yang pertama tentu dari sang klub yang membesarkan namanya, AS Roma. Ucapannya singkat, jelas, padat, hanya “Selamat ulang tahun, Francesco!”. Meski begitu, Roma juga secara khusus mengulas Totti mulai dari parade foto, kuis, hingga retweet ucapan-ucapan selamat dari banyak orang. Seperti Iker Cassilas, Roger Federer, Javier Zanetti, AC Milan, Genoa, dan masih banyak lagi.

Lionel Messi, juga secara khusus mengunggah video ucapan selamat di social media. “Selamat ulang tahun, Totti! Saya berharap Anda memiliki hari yang baik, dan saya selalu mengagumi Anda. Makin sukses buat Anda!” ucap Messi yang kini berambut pirang tanpa ketombe itu. Tak ketinggalan pula pelari tercepat di dunia, Usain Bolt.

Dari redaksi Bolatory juga tak mau ketinggalan meski tanpa video. Tanti Auguri, Totti! Salute!

https://twitter.com/TottiOfficial/status/780694001678749696

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here