Tottenham Hotspur akhirnya mendapatkan satu jatah ke Liga Champions musim depan setelah mengalahkan Newcastle United 1-0. Namun, meski tiket tersebut gratisan bukan berarti mereka selamat dari undian.

Poin mereka memang sudah tak bisa dikejar Chelsea di posisi kelima karena berbeda empat poin dengan menyisakan satu laga. Namun, Spurs masih mungkin dikejar Liverpool yang ada di posisi keempat karena berbeda dua poin.

Jika Spurs kalah di laga terakhir lawan Leicester dan Liverpool menang lawan Brighton, maka Spurs akan ada di posisi keempat dan harus lewat undian terlebih dahulu. Memang ini semacam hadiah-hadiah dari bank yang seolah-olah dapat gratisan. Padahal setelah terpilih masih diundi lagi.

Undian yang akan dijalani Spurs jika berada di posisi keempat adalah babak kualifikasi sebelum masuk penyisihan grup Liga Champions yang sebenarnya. Kalau mereka kalah di sana, ya sudah pasti gagal ke Liga Champions. Jadi sekarang jangan senang dulu sebelum semuanya benar-benar aman.

Tampil di kontrakannya di Wembley, Spurs memang ngotot banget mau menang. Mereka tidak mau main seri apalagi kalah. Namun, kengototan mereka justru malah jadi beban.

Tim asal London yang jauh dari Wamena itu malah ditekan sepanjang babak pertama oleh tim tamu. Mulai dari kena tiang sampai Hugo Lloris terpaksa bekerja lebih keras dengan melakukan beberapa tepisan. Padahal kalau boleh, inginnya menganggur saja sambil makan es kepal Milo.

https://twitter.com/SpursOfficial/status/994322114026065922

Barulah di babak kedua, Spurs mendapatkan gol yang diinginkannya. Setelah menunggu sampai 50 menit ditambah 15 menit istirahat, Harry Kane mencetak gol lewat tendangan placing anjay. 

Operan pendek Son Heung-Min tak dikontrol lagi oleh Kane. Tapi langsung disikat dengan tendangan placing R2+Kotak, melengkung indah bak janur kuning di pagar kawinan.

Ya sudah itu saja satu-satunya gol di laga itu. Tidak ada tambahan lagi, boro-boro berharap ada tambahan 12 gol, satu saja tidak ada. Apapun itu, satu gol sudah cukup mengantarkan Spurs untuk mengamankan posisi empat besar.

Hal itu membuat Mauricio Pochettino sebagai seorang pelatih yang pekerjaannya melatih, sangat puas. Dia langsung mengucapkan terima kasih tanpa berpikir menggelar pentingnya syukuran.

“Mencapai empat besar saya rasa adalah pencapaian besar. Saya ingin memberikan selamat pada pemain dan kepada seluruh staf yang membuat ini menjadi mungkin. Saya mengucapkan terima kasih buat semuanya,” ucap Pochettino yang kalau makan hampir selalu dikunyah itu.

Main photo: @SpursStatMan

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here