Tottenham Hotspur dikabarkan telah resmi mendapatkan Tanguy Ndombele dari Olympique Lyon. Pembelian ini sekaligus membuat Spurs memecahkan rekor tranfer termahal dalam sejarah klub.

Tanguy Ndombele menunjukan performa impresif bersama Lyon sepanjang musim lalu. Pemain yang katanya jago bahasa Prancis itu tampil dalam 49 laga Lyon di semua kompetisi.

Catatan gol dan assist darinya pun juga cukup bagus. Tiga gol serta delapan assist. Tidak terlalu banyak memang, tapi setidaknya catatan tersebut lebih baik dari David De Gea, Ederson Moraes, Alisson Becker, Manuel Neuer kalau digabung sekalipun, bahkan ditambah Hendro Kartiko.

Performa yang mengesankan dari Ndombele membuatnya dilirik oleh banyak klub raksasa di Eropa. Manchester United, Juventus, serta Spurs kabarnya tertarik untuk ‘kuy’ mendatangkannya.

Klub asal Ndombele yaitu Lyon pun juga ternyata tak menutup pintu bagi sang pemain jika ingin pindah ke klub lain. Asal, seperti katanya, ada harga yang cocok alias ‘Ada uang ada barang’, kayak enggak tahu saja. Tentu pada masa sepak bola industri ini, uang terkadang bukan masalah serius untuk klub-klub besar.

Begitu pun untuk Spurs. Klub yang dalam beberapa bursa transfer terakhir hanya jadi penonton setia, akhirnya berani untuk mengeluarkan dana besar.

https://twitter.com/Sporf/status/1146099583786901506

Tak tanggung-tanggung bahkan tawaran dari Spurs yang akhirnya disetujui Lyon, membuat Ndombele memecahkan rekor transfer termahal klub. Padahal, Spurs ini sudah ngirit selama dua musim tak mendatangkan pemain.

Sekalinya beli langsung mahal, meskipun enggak mahal-mahal amat bila dibandingkan klub lain yang pernah beli Cristiano Ronaldo, Ousmane Dembele, Virgil van Dijk, Kylian Mbappe, sampai Neymar. Tapi buat mereka, sudah lumayan lah. Namanya baru dapat uang gusuran dari Liga Champions.

Total 55 juta poundsterling ditambah opsi tambahan sebesar 9 juta dikeluarkan oleh Spurs untuk membawa sang pemain ke London Utara.  Tanguy pun setuju dan kuy untuk bergabung dengan Spurs.

“Kami dengan senang mengumumkan perekrutan Tanguy Ndombele dari Olympique Lyon,” demikian pernyataan resmi klub dikutip dari Detik.

Pemain berusia 40 kurang 18 tahun itu memecahkan rekor pembelian Davinson Sanchez ketika didatangkan Spurs dari Ajax Amsterdam pada tahun 2017 silam.

Kedatangannya diproyeksikan untuk menggantikan peran Mousa Dembele yang pindah ke Liga Super China pada Januari lalu.

Spurs sendiri terakhir kali mendatangkan pemain ketika membeli Lucas Moura pada Januari 2018. Pada bursa transfer ini, Spurs telah mendatangkan dua nama yaitu Jack Clarke yang lebih dahulu didatangkan, serta yang baru saja yaitu Ndombele.

https://twitter.com/ChampionsLeague/status/1146094308422012928

Main photo: @premierleague

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here