Bagi sebuah tim yang berstatus juara dunia, atau yang paling jago sedunia, tentu punya standar permainan yang tinggi. Itulah tim nasional Jerman. Meski menang 4-1 atas Azerbaijan di babak kualifikasi Piala Dunia 2018, mereka masih belum puas. Sombongnya.

Di laga kelima ini, “Der Panzer” unggul lebih dulu lewat kaki jenjang Andre Schuerrle usai menerima umpan membelah lautan dari Jonas Hector. Hanya beberapa menit berselang, serangan balik Azerbaijan bikin gawang Jerman kebobolan.

Pemain yang kurang terkenal bernama Dimitrij Nazarov mampu memanfaatkan serangan kilat itu setelah menerima umpan dari Afran Ismayilov, rekannya yang juga kurang terkenal. Meski tak terkenal, dia mampu mengecoh Sami Khedira dan Benedikt Hoewedes.

Namun, keimbangan itu tak berlangsung lama. Thomas Mueller dan Mario Gomez kembali bikin Jerman jadi unggul. Gol Mueller terjadi karena kesalahan pemain Azerbaijan yang tak sempurna dalam melakukan serangan balik karena rada sok-sokan. Akibatnya diserobot oleh Schuerrle untuk diteruskan kepada yang bersangkutan.

Gol Gomez tercipta biasa-biasa saja. Menerima umpan teka-teki silang dan diselesaikan dengan sundulan khas Gomez. Gol keempat yang dicetak sangat telak oleh Schuerrle jadi penutup pesta kemenangan “Tim Panser”.

Meski menang, pelatih Joachim Loew, tak puas. Katanya tim Jerman masih kurang kompak dan lambat bereaksi dalam menerima serangan Azerbaijan. Akibatnya, mereka kebobolan satu gol.

Bagi Jerman ang maunya perfeksionis, kebobolan satu gol dari Azerbaijan merupakan sesuatu yang kurang bagus. Semuanya harus berjalan “sempurna” kayak lagunya Andra & The Backbone.

“Secara keseluruhan saya puas dengan kinerja ini. Tapi tim bermain tidak kompak, tidak bersama-sama untuk beberapa waktu,” ucap Loew yang suka kedapatan mengupil itu.

Bek Mats Hummels selaku pimpinan di lini belakang Jerman mengakui adanya kesalahan di barisan pertahanan timnya. Hummels bilang timnya terlalu santai, bahkan terlalu meremehkan lawannya.

“Kami membiarkan mereka masuk terlalu dalam. Kami sedikit arogan dan itu tidak baik akibatnya bisa menyulitkan kami,” ujar pemain ganteng sejak lahir itu.

 

Main photo credit: Goal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here