Usai menjadi pelatih baru timnas Spanyol, Luis Enrique langsung bergerak cepat dalam menjalankan sistem kepelatihannya. Beberapa aturan langsung Enrique terapkan kepada skuat “La Furia Roja”  di mana salah satunya adalah larangan bermain handphone saat makan. Bintang Real Madrid yaitu Isco menyambut dengan baik aturan tersebut.

Dalam beberapa bulan terakhir, timnas Spanyol mengalami beberapa kali pergantian pelatih. Mereka sempat dilanda prahara rumah tangga setelah pelatih Julen Lopetegui tiba-tiba menerima pinangan dari Madrid.

Tentu saja Spanyol tidak mau dimadu. Akhirnya perceraian tidak bisa dielakkan. Untuk urusan harta gono-gini biar mereka saja yang menyelesaikan. Akhirnya anak-anak mereka, skuat timnas Spanyol, sempat terombang-ambing tanpa ada yang membimbing.

Selama di Rusia, mereka akhirnya diasuh sementara oleh Fernando Hierro sebelum akhirnya tersingkir di babak 16 besar oleh Rusia. Usai pulang kampung setelah Piala Dunia 2018 Federasi Sepak Bola Spanyol akhirnya menunjuk Enrique sebagai entrenador tim ‘Matador’.

Mendapat ayah baru, ternyata Enrique menerapkan banyak peraturan baru juga dalam diri timnas Spanyol. Salah satu peraturan tersebut melarang para penggawa timnas Spanyol untuk menggunakan atau membawa ponsel ketika para pemain sedang makan bersama. Itu artinya, mereka tak bisa foto-foto makanannya apalagi sampai main Bigo saat makan.

Orang-orang memang suka lupa diri kalau sudah memegang gadget. Sebelum makan bukannya berdoa malah foto makanannya dulu. Itu sudah habis 10 menit untuk mencari angle yang bagus lalu upload. Kalau makanannya enak sih bagus jika di­-upload. Lah kalau makannya biasa saja yaitu nasi putih pakai lauk nasi goreng kan malah bikin malu federasi.

Belum lagi kalau makan nanti malah main gadget terus. Salah-salah nanti justru ponselnya yang tertelan.

https://twitter.com/TheKingSR4/status/1037316919332876289

Meski begitu, aturan tersebut disambut positif oleh Isco. Menurutnya hal tersebut penting untuk mengajarkan kedisiplinan. Apalagi zaman sekarang ini kebanyakan orang lebih sering fokus masing-masing kepada gadget yang digunakannya. Jadi jarang terjadi komunikasi langsung jika terus memainkan ponsel.

Belum tahu saja Isco. Siapa tahu teman-temannya ternyata sedang saling berkomunikasi lewat SMS jika sedang pada ‘menunduk’. Hanya ternyata dia saja yang tidak diajak SMS-an.

“Selalu merupakan hal yang bagus untuk memiliki sedikit disiplin, tidak menggunakan telpon pada saat makan merupakan ide bagus bagi saya, hari-hari ini kami lebih sering fokus pada mesin dibandingkan berbicara dengan rekan-rekan setim kami,” kata Isco dikutip dari Liputan6.

Spanyol sendiri akan memainkan pertandingan pertama mereka di bawah asuhan Enrique pada pertandingan perdana UEFA Nations League mereka. Akhir pekan ini mereka akan bertandang ke markas Inggris sebelum menjamu Kroasia minggu depan.

Sementara itu penunjukan Enrique sebagai suksesor dari Lopetegui juga menuai pertanyaan dari para penggemar dan pengamat sepak bola Spanyol. Sebab Enrique dinilai memiliki hubungan yang tidak harmonis dengan media.

Selain itu ia juga tidak memendam rasa tidak sukanya kepada Real Madrid di masa lalu. Padahal beberapa pemain Madrid merupakan skuat utama Spanyol.

Meski demikian Isco mengatakan bahwa timnya telah beradaptasi dengan metode latihan dan ide-ide baru di luar lapangan.  “Kami sangat senang dengan dia dan kami senang mengenai memulai hal-hal penting di pertandingan-pertandingan, maka kami dapat tahu apa level kami saat ini,” kata Isco.

Main photo: espn.com

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here