Barcelona menutup laga terakhir mereka di La Liga musim 2017/2018 dengan sempurna. Menjamu Real Sociedad, mereka berhasil menang dengan skor tipis macam daging shabu-shabu, satu kosong saja. Namun setidaknya, kemenangan berhasil mereka raih pada pertandingan yang juga merupakan laga terakhir Andres Iniesta berseragam “Blaugrana”.

Seperti diketahui bahwa Iniesta memutuskan untuk mengakhiri kariernya di Barcelona musim ini. Penonton pun tak lupa untuk menyiapkan koreografi tanpa melibatkan tim JKT48 untuk gelandang 34 tahun itu.

Cukup sebuah mozaik dengan warna kebanggaan publik Camp Nou yang juga sama dengan warna kebanggan Indomaret yaitu biru, merah, dan kuning. Pada mozaik yang dibuat oleh seluruh suporter yang hadir, terdapat pula tulisan “Infinit Iniesta”.

Sebelum pertandingan, Iniesta yang menjadi kapten memimpin rekan-rekannya saat masuk ke lapangan. Mereka pun disambut ala Guard of Honour para pemain Sociedad tanpa menggunakan karpet merah seperti halnya acara Royal Wedding yang lagi ramai di timeline-timeline media sosial.

Namun Sociedad yang bertandang tak segan untuk bermain menyerang. Pada sepuluh menit pertama mereka berhasil membuat beberapa peluang  melalui tandukan Wilian Jose dan tendangan Antar Kota Antar Provinsi dari Adnan Januzaj.

https://twitter.com/FCBarcelona/status/998315377363861507

Barcelona mengandalkan kecepatan kedua sayap mereka untuk melakukan serangan yang dikomandoi Ousmane Dembele dan Philippe Coutinho. Namun kerja keras kedua sayap tanpa nasi dan saus itu masih belum membuahkan hasil berarti di babak pertama. Hingga turun minum, kedudukan masih imbang tanpa gol.

Skor telur akhirnya menetas tanpa harus dierami ataupun disinari lampu neon. Coutinho lah yang berhasil membuat skor kosong berubah menjadi satu ketika menciptakan sebuah tendangan “golazo jebrett” di menit ke-57. Tendangan placing R2+kotaknya dari luar kotak penalti, meluncur mulus ke dalam gawang seperti lewat jalan tol tengah malam. Bablas.

Sepanjang laga Iniesta tampil cukup baik, berlarian ke sana ke mari, loncat ke sana-ke sini, serta menghiraukan semua masalah di muka bumi ini macam Kera Sakti. Namun saat berpisah akhirnya telah tiba, ia digantikan oleh Paco Alcacer pada menit ke-82.

Sontak penonton memberikan tepukan meriah tanpa aba-aba seperti para penonton Tukul di acara Bukan Empat Mata. Seluruh fans, kawan satu tim, bahkan lawan memberikannya ucapan selamat tanpa ada salam tempel karena memang belum lebaran. Ketika berada di bangku cadangan, Iniesta terlihat sangat emosional. Ia tak kuasa menahan air mata walaupun tidak sedang mengiris bawang merah.

https://twitter.com/brfootball/status/998305249084440578

Setelah laga berakhir, lampu stadion dimatikan dan digantikan dengan lampu senter dari HP para penonton. Macam sedang konser saja situasi seremoni perpisahan Iniesta itu. Setelah itu pemain ganteng polos itu diberikan mikrofon untuk mengucapkan kata-kata perpisahan.

Untungnya ia tidak lantas mengajak para penonton menyanyikan lagu “Kemesraan” dari Iwan Fals. Air matanya mengalir deras macam Bendungan Katulampa saat sedang Siaga 1.

Bahkan, sampai pukul 1 malam, Iniesta yang jarang disapa “Ini” itu masih berada di Camp Nou duduk sendirian menikmati setiap kenangannya bersama Barcelona. Takut nanti keburu rindu, pasti tak akan kuat.

“Hari ini adalah hari yang sangat sulit, tapi ini sudah menjadi 22 tahun yang luar biasa bagi saya. Merupakan sebuah kebanggaan dan kepuasan tersendiri bisa membela dan mewakili lambang ini, yang bagi saya merupakan yang terbaik di dunia,” ungkapnya seperti dikutip dari Detik.

“Terima kasih untuk semua rekan, masing-masing dari kalian. Saya akan rindu sekali dengan kalian. Dan terima kasih untuk fans atas seluruh cinta yang diberikan, atas segala sesuatu yang bisa saya rasakan sejak saya tiba sebagai bocah di sini, dan saya pergi sebagai seorang pria.”

“Kalian semua akan selalu ada di hati saya selamanya. Sebagai penutup, pekan ini sudah membuat saya tak bisa berkata-kata. Visca Barca, Visca Catalunya, dan Visca Fuentealbilla (kampung halamannya),” tutur dia agak panjang macam Kepala Sekolah sedang berikan pidato upacara hari Senin.

https://twitter.com/goal/status/998367285613158400

Main photo: infoglitz.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here