Manajer Manchester City yang sukses membuat “The Citizens” tampil super di Liga Inggris musim ini, Pep Guardiola, telah membuat kontrak baru bersama klub asal Manchester tersebut. Pelatih yang shamponya jarang habis di rumahnya itu mengungkapkan kedekatannya dengan para direktur klub.

Seperti yang diketahui bahwa Guardiola datang ke City pada musim panas 2016 yang lalu. Ia kemudian terikat kontrak selama tiga tahun dengan klub. Pada musim pertamanya, Pep gagal membuat City meraih gelar, pertama kalinya dalam sejarah hidup Pep yang lurus-lurus saja macam jalan tol Cipali.

Namun pada tahun kedua, City dibuatnya jadi “gaspol-rem-blong” alias melaju tak terhenti di Liga Inggris. Mereka membuat banyak rekor sebagai peraih gelar juara liga. Salah satunya adalah mengukir sejarah dengan jadi tim pertama yang meraih 100 poin di Liga Inggris.

Selain itu beberapa rekor juga diraih City seperti rekor kemenangan dan gol terbanyak. Sementara rekor memakan Indomie goreng tercepat tanpa dikunyah ataupun rekor bersin dengan satu mata terbuka belum bisa mereka pecahkan. Pada musim ini City juga meraih gelar Piala Liga setelah mengalahkan Arsenal.

Keberhasilan tersebut lantas membuatnya langsung disodori kontrak baru oleh manajemen. Padahal, kontrak Pep sejatinya baru berakhir di musim depan. Namun City sepertinya puas akan kinerja manajer asal Spanyol itu. Kontrak baru berdurasi tiga tahun akhirnya diberikan untuk memagari mantan pelatih Bayern Munchen tersebut agar tetap bertahan di Manchester hingga 2021.

Kesepakatan ini juga membuat Guardiola berada dalam masa kontrak terlama dengan menjadi pelatih sebuah klub. Sebelumnya ia paling lama bertahan di Barcelona selama empat taun dari 2008-2012.

Terkait perpanjangan kontraknya, ia mengatakan ada hubungan baik dengan para direktur klub Ferran Soriano dan Txiki Begiristain. Namun bukan hubungan gelap yang sering jadi bahan acara Uya Kuya karena Pep menganggap bahwa kedua orang tersebut seperti keluarganya. So sweet.

Pep menganggap keduanya itu sudah seperti keluarga sendiri. Tapi belum jelas dianggap sebagai apanya dari keluarga. Apakah ayah, ibu, anak, kakak, adik, atau jangan-jangan istri.

“Saya memiliki hubungan yang baik dengan keduanya. Soriano dan Begiristain, kami sudah mengenal untuk waktu yang lama. Begiristain hampir menjadi bagian dari keluarga kami,” kata Guardiola seperti dikutip dari Liputan6.

“Kami memiliki kondisi stabil sebagai klub dan mencoba untuk siap di tahun-tahun mendatang. Saya fokus di lapangan dan klub memiliki orang-orang penting lainnya yang bekerja di departemen lain. Kami akan mencoba setiap hari di lapangan untuk meningkatkan pemain kami,” tambahnya sambil kembali lanjut bernapas.

Sejak menjadi pelatih City, Guardiola telah mencatatkan 113 pertandingan di semua kompetisi. Dari total pertandingan tersebut, City telah meraih 77 kemenangan, 19 kali seri dan 17 kekalahan. Dengan skuat muda dan bayaran yang mahal, Pep berharap bahwa Manchester ‘Biru’ bisa bersaing di kompetisi Eropa.

“Ini adalah skuat muda dan jika kami stabil secara mental, mungkin kami dapat bersaing dengan tim-tim besar lainnya di Inggris dan Eropa,” kata Guardiola.

https://twitter.com/Squawka/status/997160603604213762

Main photo: skysports.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here