Liverpool masih gencar melakukan pembelian pemain pada bursa transfer musim ini. Datangnya para pemain tersebut jelas bukan karena bingung bagaimana cara menghabiskan uang klub. Juergen Klopp sepertinya sangat serius untuk memperkuat skuat mereka dalam menghadapi musim yang akan datang.

Kali ini mereka resmi mendatangkan pemain Stoke City yang bermain cukup baik pada musim lalu. Perekrutan Xherdan Shaqiri diumumkan Liverpool lewat situs resmi mereka pada akhir pekan lalu.

The Reds” dikabarkan harus merogoh kocek sebesar 13 juta pounds atau sekitar Rp 247 miliar untuk mendapatkan tanda tangan pemain asal Swiss tersebut. Bersama, mereka akan menjalin kebersamaan hingga lima tahun lamanya.

Dengan bergabungnya Shaqiri di Liverpool, ia akan bertemu lagi dengan rekannya semasa sama-sama bermain di FC Basel yaitu Mohamed Salah. Shaqiri yang nama saudaranya bukan Shakanan mengaku bersyukur bisa bergabung dengan Liverpool yang merupakan salah satu tim besar Premier League.

“Sebagai seorang pemain, Anda selalu ingin bermain di level tertinggi. Liverpool adalah tim besar dengan sejarah panjang, pemain besar dan pelatih yang fantastis. Saya ingin menjadi juara bersama tim terbaik,” kata Shaqiri dikutip dari Kompas.

Datangnya Shaqiri merupakan rekrutan mayor ketiga “The Reds” pada musim ini. Sebelumnya Liverpool telah mendatangkan Naby Keita dan Fabinho. Masuknya Shaqiri akan membuat persaingan untuk mendapat tempat di skuat Liverpool akan semakin ketat, meski tidak seketat ujian untuk masuk STAN.

Posisi tengah Liverpool jelas makin ramai kayak komentar di IG-nya Raisa. Mulai dari komentar pujian sampai komentar spam macam iklan peninggi badan.

Posisi Shaqiri yang sering ditempatkan pada tempat gelandang kanan, dipastikan akan mendapat saingan dari Alex Oxlade-Chamberlain ataupun James Milner. Namun fleksibilitas Shaqiri dalam penempatan posisi bermain, diyakini bisa membuat Klopp dapat bereksperimen banyak pada formasi Liverpool.

Jadi meski makin ramai, pemain berbadan montok pada berisi itu akan menambah pilihan bagi Klopp. Shaqiri yang bukan saudaranya Syahrini memang bisa menempati beberapa posisi seperti gelandang serang tengah ataupun sayap kanan yang biasa dihuni oleh Salah. Disuruh di pinggir lapangan untuk juggling bola pun juga jago si Shaqiri ini.

Bagaimana pun penempatan Shaqiri, sepenuhnya menjadi keputusan Klopp. Mau ditempatkan di stadion lain saat bertanding juga bebas-bebas saja sebenarnya. Klopp sendiri mengatakan bahwa pengalaman Shaqiri di Premier League akan menjadi nilai tambah yang sangat berguna.

“Saya adalah pengagum lama Shaqiri. Kami (Liverpool) mendapat bonus karena dia sudah mengenal Liga Inggris. Dia punya kecepatan dan kemampuan. Shaqiri pemain yang berani dan selalu memberi pengaruh di lapangan. Dia juga bisa bermain di banyak posisi dalam sistem kami.” kata Klopp.

Seperti yang diketahui, bahwa karier Shaqiri terus mengalami penurunan sejak dari Bayern Munchen. Setelah bersama “FC Hollywood” ia bergabung dengan Inter Milan sebelum pergi ke Premier League untuk berseragam Stoke City. Jadi terbalik dengan pemain-pemain yang biasanya memulai karier dari klub ‘bawah’.

Kini dia malah bergabung dengan Liverpool setelah meninggalkan Stoke City yang terdegradasi. Entah kalau di upgrade atau malah semakin downgrade.

Selama tiga musim bermain bersama Stoke City, Shaqiri mencatatkan 84 penampilan dimana ia menyumbangkan 15 gol serta 15 assist.

Main photo:liverpooloffside.sbnation.com

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here