Rekor yang sangat “Andra & The Backbone” alias sempurna didapat Italia setelah kembali meraih kemenangan pada laga lanjutan kualifikasi EURO 2020. Pada laga kedelapan yang digelar di Stadion Rheinpark melawan Liechtenstein, “Azzuri” menang telak dengan skor 5-0.

Italia memang begitu beringas pada kualifikasi EURO 2020 kali ini. Mereka menguasai Grup J dengan catatan 100 persen kemenangan dari delapan laga yang telah dijalani.

Sama dengan timnas negara ber-flower +62 yang sama-sama meraih rekor 100 persen di ajang kualifikasi Piala Dunia 2022. Sayangnya rekor sempurnanya adalah kekalahan.

Tambahan tiga poin membuat Italia yang dipastikan lolos ke putaran final kini memiliki 24 poin dari delapan kemenangan. Itu kalau sekali menang dapat tiga poin. Kalau setiap kemenangan dihitung 125 poin, sudah punya 1000 poin Italia.

Pada laga tadi malam, Italia sebenarnya memang dijagokan kembali meraih kemenangan. Lawan mereka di laga itu memang klub juru kunci, wajar jika menangnya dengan skor yang sedikit ngebantai.

Selain Italia yang memiliki torehan bagus, Roberto Mancini juga mencetak rekor dengan membawa Italia melaju dalam sembilan laga dengan kemenangan. Torehan ini membuat Mancini menyamai rekor pelatih legendaris Vittorio Pozzo.

Rekor tersebut sudah bertahan lama sekali bahkan pada zaman sebelum kemerdekaan Indonesia. Mungkin pada masa kakek-nenek kita masih ABG dan sedang gaul-gaulnya.

https://twitter.com/IFTVofficial/status/1184215768361328642?s=20

Pozzo mencatat rekor kemenangan sembilan kali beruntun bersama Italia di tahun 1938-1939. Artinya, Mancini menyamai rekor yang telah berusia 80 tahun itu.

“Menyamai rekor kemenangan beruntun Pozzo memang bagus, tetapi saya lebih suka jika bisa menyamai rekor kemenangannya dalam meraih dua trofi Piala Dunia,” ungkap Mancini dikutip dari Detik.

Pada laga yang berjalan di bawah rintikan air hujan yang bisa bikin pusing kalau tidak langsung keramas, Italia sudah membuka keunggulan di menit kedua melalui Federico Bernadeschi. Skor 1-0 bertahan hingga akhir babak pertama.

Italia makin menggila pada 20 menit terakhir babak kedua. Dibuka dengan gol Andre Belotti, Alessio Romagnoli juga tak mau ketinggalan untuk mewakili barisan pertahanan sebagai penyumbang gol.

Dua gol Italia lainnya disumbang oleh Stephan El Shaarawy dan gol kedua Belotti di masa injury time. Skor 5-0 bertahan hingga akhir laga

Italia akan menghadapi dua laga sisa di Grup J menghadapi Bosnia dan Herzegovina dan Armenia pada November mendatang.

https://twitter.com/Sporf/status/1184234610542157827

Main photo: @azzuri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here