Kabar duka cita menyelimuti dunia sepak bola tanah air. Bek timnas Indonesia U-16., Alfin Lestaluhu, dikabarkan telah berpulang. Alfin tutup usia setelah berjuang dalam kondisi koma akibat menderita Encephalitis

“Saya mendapatkan kabar langsung dari dokter tim. Kemudian saya hubungi orang tuanya, karena saya komunikasi terus dengan keluarganya,” kata pelatih timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, dikutip dari Detik.

“Sedih kami dengan berita ini. Kemarin, sepekan yang lalu, sempat jenguk di rumah sakit. Kondisinya memang sangat memprihatinkan karena sudah terlalu lama koma. Kami sudah menyapa dan matanya ada respons walau tak bisa bicara. Detak jantungnya juga agak keras. Tetapi bersyukur kami sempat jenguk, kemudian bertemu orang tuanya,” Bima menjelaskan.  

Pemain yang memiliki posisi sama seperti Dani Carvajal, Hector Bellerin, atau pemain legendaris Cafu alias bek kanan itu, mengalami Encephalitis dengan hypoalbumin.

Encephalitis adalah kondisi di mana otak mengalami pembengkakan karena infeksi atau karena gangguan sistem imun. Infeksi bisa disebabkan karena bakteri atau virus.

Alfin dikabakaran sempat mendapat perawatan di rumah sakit di kota Ambon setelah dirinya mengeluh merasa pusing.

https://twitter.com/mantanbepe/status/1190082072850755584?s=20

Sehari setelah Alfin berobat, terjadilah gempa Ambon pada 26 September, membuat Alfin dan keluarganya harus mengungsi.

Selama di pengungsian, sakit Alfin kian parah. Ia sulit makan dan mengalami muntah-muntah, sehingga harus dirawat di sebuah rumah sakit di Ambon sebelum akhirnya dirujuk ke Jakarta.

PSSI lantas membawanya ke Jakarta untuk mendapat pengobatan yang lebih baik sejak awal bulan Oktober lalu. Sayang kondisinya tak kunjung membaik. Pada akhirnya pemain yang berasal dari Desa Tulehu menniggal dunia di usia 15 tahun.

Alfins sendiri pernah bermain untuk timnas Indonesia U-16 pada Kualifikasi Piala Asia yang lalu. Selama bermain di Timnas Indonesia U-16, Alfin sedianya tampil apik. Jebolan SKO Ragunan itu bahkan sempat mencetak satu gol ke gawang Filipina.

Jenazah Alfin telah diterbangkan ke Ambon melalui penerbangan via Bandara Halim Perdanakusuma, Jumat (1/11) pukul 06.00 WIB tadi.

Selamat jalan Alfin, terima kasih atas segala jasa dan perjuanganmu…

Main photo: kastara.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here