Skuat Spanyol baru saja melepas pelatih mereka yaitu Julen Lopetegui karena aksi yang dianggap kurang hormat tanpa grak. Memang sih tidak sedang upacara bendera. Situasi tersebut jelas membuat kaget banyak pihak karena sudah sangat dekat dengan dimulainya Piala Dunia 2018.

Namun Presiden Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF), Luis Rubiales menyatakan bahwa saat ini kondisi skuat Spanyol masih kondusif, aman, dan terkendali. Asal ingat saja, tamu wajib lapor 1×24 jam.

Para penggawa Spanyol tidak lantas menjalankan aksi demo bakar ban menuntut untuk menurunkan harga telor asin. Mereka juga tidak membuat demo lainnya seperti demo album. Kedua hal tersebut memang tidak ada hubungannya soalnya.

Sebelumnya Rubiales mengambil keputusan mengejutkan dengan memecat Lopetegui. Bukan sekedar becanda ala “Ups Salah!” melainkan sebuah kenyataan. Sebab Lopetegui diumumkan akan menjadi pelatih baru Madrid setelah Piala Dunia 2018.

Hal tersebut ternyata tidak bisa diterima oleh pihak federasi. Ia dianggap mencoreng nama baik federasi dan mempermalukan sepak bola Spanyol.

“Saya sudah mendengarkan semua orang, tetapi keputusan adalah milik saya. Para pemain sangat fokus untuk memainkan Piala Dunia yang hebat. Tidak ada pemberontakan, pemain melakukan semuanya dengan sangat baik,” jelas Rubiales dikutip dari Liputan6.

Pelatih baru yang latar belakangnya juga pemain sepak bola kemudian ditunjuk. Tidak mungkin federasi kemudian menunjuk pelatih ayam aduan untuk menggantikan Lopetegui. Akhirnya pilihan jatuh kepada Fernando Hierro sebagai pelatih anyar.

Ternyata keputusan tersebut mendapat sambutan baik dari seisi skuat Spanyol. Hierro dan Sergio Ramos sebagai kapten dapat mempersatukan skuat Spanyol.

“Para pemain sudah menyambut Hierro dan berkata kepada saya akan terus bersama dia sampai mati, juga Sergio Ramos yang berperan sangat baik sebagai kapten,” pungkasnya.

https://twitter.com/goal/status/1007471078266949632

Sergio Ramos juga menyatakan dukungan penuh kepada mantan pemain Madrid itu. Ia mengatakan bahwa Hierro adalah sosok yang Andra and The Backbone alias sempurna untuk menggantikan Lopetgui.

“Hanya ada sedikit orang yang punya kualifikasi seperti Fernando untuk menggantikan Lopetegui. Kami semua mengaguminya sebagai pemain. Dia adalah kandidat sempurna untuk posisi ini,” jelasnya.

Meski hanya memiliki sedikit waktu untuk beradaptasi dengan jabatan pelatih timnas Spanyol, Hierro sendiri tidak akan memubuat banyak perubahan dari taktik Lopetegui. Ia tak akan coba-coba untuk bereksperimen memasang dua orang kiper sekaligus. Meskipun jelas gawang Spanyol akan lebih aman, namun hal tersebut tidak akan diperkenankan.

Hierro menilai para pemain sudah mengerti dengan apa yang diinginkan Lopetegui dan akan bergerak berdasarkan rancangan yang sudah dibangun tersebut.

Main photo: vihebo.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here