Timnas Spanyol resmi kembali menunjuk Luis Enrique sebagai pelatih utama mereka. Sempat mengundurkan diri karena masalah personal, Enrique akan menggantikan Roberto Moreno yang sempat jadi pelatih sementara “La Furia Roja”.

Kembalinya Enrique sebagai pelatih utama Spanyol disampaikan langsung oleh Presiden Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF), Luis Rubiales. Keputusan tersebut disebut diambil setelah melewati diskusi dengan Robert Moreno dan direktur olahraga Jose Fransisco Molina.

“Molina melakukan pertemuan tertutup dengan perwakilan Moreno pada pukul 10.00 pada hari Selasa (waktu Spanyol),” ujar Rubiales dikutip dari Kompas.

“Yang pertama tahu bahwa Luis Enrique ingin kembali adalah Moreno. Kami selalu bertindak tegas dan menepati janji kami,” kata dia. “Luis Enrique harus meninggalkan jabatannya karena hal terburuk yang dapat terjadi (terhadap seseorang),” jelas dia.

“Kami merasa nyaman dengan pekerjaan Robert (Moreno), tetapi kami memiliki kewajiban moral bahwa jika pemimpin kami, yang bernama Luis Enrique, ingin kembali, kami tidak bisa mengatakan tidak. Ini proyek yang berakhir di Qatar ( Piala Dunia 2022),” kata Rubiales menambahkan.

https://twitter.com/FutbolBible/status/1196756731558277120?s=20

Sebelumnya Enrique dan Spanyol sempat pisah jalan sejak Juni 2019 yang lalu. Padahal mereka baru jadian selama 11 bulan saja. Tapi perpisahan tersebut bukan karena tidak direstui orang tua atau beda keyakinan. Salah satu yakin, sementara yang satunya tidak yakin.

Melainkan Enrique sendiri yang memutuskan untuk mundur dari kursi pelatih Spanyol.

Saat itu tidak dijelaskan secara rinci penyebab mundurnya Enrique dari jabatannya. Belakangan diketahui bahwa Enrique mundur karena anaknya terkena kanker. Anak perempuan Enrique akhirnya berpulang pada bulan Agustus lalu.

Sejak saat itu kursi kepelatihan timnas Spanyol diberikan kepada sang asisten, Robert Moreno.

Bersama dengan Moreno, timnas Spanyol sebenarnya tampil cukup menjanjikan macam omongannya Budi Setiawan. Jutaan orang mungkin tidak menyadari, bahwa Spanyol menjalani sembilan pertandingan tanpa kekalahan di bawah Moreno.

Tapi setelah laga terakhir Spanyol di kualifikasi EURO 2020 kontra Romania, Moreno disebut diberhentikan oleh federasi.

Main photo: @squawkanews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here