Perancis kembali menuai hasil manis pada pertandingan uji coba jelang Piala Dunia 2018. Melawan Italia, mereka berhasil menekuk tim tamu dengan skor telak 3-1. Sudah diundang, tamunya cuma untuk dikalahkan.

Padahal Italia ini sudah lumayan baik. Meskipun tidak ikut berpartisipasi, timnas Italia ini masih mau untuk jadi lawan pemanasan. Semoga nantinya “Gli Azzuri” dapat gelar tim sparring terbaik 2018.

Pada pertandingan yang digelar di Allianz Riviera, Nice, Prancis menurunkan skuat terbaiknya saat ini. Kalau bisa menurunkan skuat terbaik sepanjang masa mungkin Zinedine Zidane dan Thierry Henry yang dimainkan.

Sementara itu Italia yang akan jadi penonton setia saat Piala Dunia mencoba untuk melakukan rotasi pemain dibanding ketika melawan Arab Saudi. Roberto Mancini dengan berani memberikan debut kepada tiga pemain yaitu Mattia Caldara, Rolando Mandragora, dan Domenico Berardi.

Pertandingan baru berjalan delapan menit, Prancis sudah membuka keunggulan walau sebenarnya tidak diizinkan oleh Italia. Berawal dari umpan silang Benjamin Pavard, bola kemudian dikejar oleh Kylian Mbappe tanpa bantuan Satpol PP setempat. Beruntung bola didapatkannya di tiang jauh.

Namun tendangan Mbappe dari sudut sempit masih bisa dihalau oleh Salvatore Sirigu. Sayang sekali tepisannya malah mendarat di kaki Samuel Umtiti di depan gawang. Tanpa izin kepada masyarakat Italia yang sedang menonton, Umtiti langsung saja menyepak bola ke dalam gawang yang membuat Prancis unggul 1-0.

https://twitter.com/brfootball/status/1002655738727034880

Keunggulan Prancis bertambah di menit ke-29. Lucas Hernandez yang sedang melakukan penetrasi ke dalam kotak penalti, terpaksa dilanggar oleh Mandragora yang ternyata beda dengan saudara dari Mastur dan Omas.

Antoine Griezmann yang maju sebagai eksekutor tak menyia-nyiakan kesempatan untuk melakukan selebrasi andalannya yaitu Fortnite L. Namun kini tak hanya dia seorang yang melakukan selebrasi nirfaedah tersebut.

Beberapa pemain Prancis juga melakukan hal tersebut bersama dengannya. Virus selebrasi Fortnite L sepertinya kini mulai disebarkan Griezmann di timnas Prancis setelah sebelumnya ia lakukan bersama Atletico Madrid.

Kalau dilihat-lihat sebenarnya rada menyebalkan. Soalnya selebrasi tersebut kelihatannya jadi tengil banget. Bayangkan kalau situasinya dibalik, Griezmann dan kawan-kawan kena selebrasi tersebut.

Italia sempat memperkecil ketertinggalan pada menit ke-36. Berawal dari tendangan bebas Mario Balotelli, bola melaju sangat kencang hingga sepertinya membuat Hugo Lloris kaget meski tidak sampai mengangkat tangan dan berkata “ayam, ayam, ayam”. Bola rebound kemudian ditendang Leonardo Bonucci dengan satu kakinya saja.

Gol ketiga “Les Blues” baru tercipta di menit ke-63. Bola liar yang terlepas dari Mbappe kemudian langsung dijurus kotak+R2 oleh Ousmane Dembele dari dekat garis kotak penalti. Sirigu tak berdaya menghadapi gol jurus tersebut. Hingga berakhir, skor 3-1 tetap bertahan untuk keunggulan Prancis.

Prancis akan melakukan uji coba kembali sebelum Piala Dunia 2018 dengan menghadapi Amerika Serikat pada 9 Juni. Sedangkan Italia akan melawan Belanda pada 4 Juni.

Didier Deschamps mengaku puas dengan lini serang Prancis yang membuat banyak peluang. Meski dia tak berkomentar apapun tentang selebrasi Fortnitenya Griezmann.

“Jangan terlalu bersemangat. Kami harus menjaga antusiasme dan ambisi tetap naik. Kami belum melakukan segalanya dengan sempurna, tapi untuk saat ini memuaskan,” ucapnya dikutip dari Detik.

Sementara itu Roberto Mancini percaya bahwa Italia akan semakin berkembang di waktu yang akan datang. Memang saat ini mereka masih sedang dalam tahapan meramu tim. Belum jelas siapa yang nantinya bakal jadi langganan di “Gli Azzurri“.

“Ini pertandingan yang sepenuhnya berbeda dari saat melawan Arab Saudi dan para pemain tampil sangai baik. Mungkin yang paling penting adalah para debutan tampil bagus dan jika kami terus seperti ini, dalam satu tahun kami akan ada di level mereka, atau mendekati,” ujarnya.

Main photo: Twitter Squawka News 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here