Georginio Wijnaldum menjadi bintang kemenangan Belanda atas Estonia pada laga lanjutan kualifikasi EURO 2020. Pada laga yang digelar di Johan Cruijff Arena, timnas “Oranje” menang telak dengan skor 5-0 atas tamunya.

Wijnaldum yang tampil sebagai kapten tim, tampil cukup mencuri perhatian di laga itu. Pemain yang namanya dibaca “weynaldum” bukan “wicetnaldum” apalagi “fidget spinner” itu selebrasi sampai tiga kali alias mencetak hattrick hanya dalam kurun waktu 1 jaman.

Cukup catatan yang hebat untuk dibuat oleh pemain yang berposisi sebagai gelandang. Pasti gelandang bader ini. Disuruh main di tengah, tahunya malah ke depan-depan. Untung bisa mencetak gol.

Gol pertama Wijnaldum dicetak pada menit keenam setelah memanfaatkan umpan lambung temannya dari sisi kotak penalti.

Usai gol tersebut, Wijnaldum langsung ke pinggir lapangan dan melakukan selebrasi yang memiliki pesan kesetaraan.

Seperti diketahui bahwa beberapa hari lalu pada laga divisi dua di Belanda, seorang pemain Excelsior mendapat ujaran rasis dari pendukung lawan.

Momen seperti itu dimanfaatkan Wijnaldum untuk menunjukan bahwa tidak boleh ada lagi tindak rasisme dalam sepak bola. Ia lantas menunjukan lengannya dengan De Jong yang memiliki warna kulit berbeda.

https://twitter.com/FutbolBible/status/1196882292993601541?s=20

Belum sampai 20 menit berjalan, Belanda menambah keunggulan lewat pemain berambut reggae merkunjau, Nathan Ake. Ia menyundul bola hasil umpan Memphis Depay.

Belanda baru kembali mencetak gol di babak kedua melalui gol kedua dan ketiga Wijnaldum di menit ke-66 dan ke-78

Pesta kemenangan Belanda ditutup oleh pemain muda Myron Boadu yang baru berusia macam anak kelas agit SMA. Pemain berusia 18 tahun itu mencetak gol setelah menerima umpan L1+segitiga dari Kevin Strootman. Laga berakhir dengan kedudukan 5-0 untuk Belanda.

“Wijnaldum mengatakan tentang masalah rasisme itu di ruang ganti pada saat kami berbicara satu sama lain,” kata Ronald Koeman dikutip dari Fox Sports Asia.

“Dia bilang dia merasa sangat senang dengan tim Belanda ini, di mana masalah tersebut (rasisme) tidak terjadi. Kami adalah sebuah tim yang bersatu. Senang melihatnya lagi.”

https://twitter.com/FTalentScout/status/1196910434181402631?s=20

Main photo: Twitter

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here