La Liga musim 2019/2020 akhirnya tamat juga setelah sempat berkutat melawan raja terakhir berwujud COVID-19. Real Madrid mantap di puncak klasemen dengan 87 poin diikuti Barcelona dengan selisih lima angka.

Madrid dipastikan menjadi juara La Liga sejak pekan ke-37 lalu. Barcelona juga juara sebenarnya. Tapi juara di hati fansnya saja untuk musim ini.

Menjalani laga terakhir melawan Leganes, Madrid hanya bisa bermain imbang 2-2. Maklum, “juara mah bebas” seperti kata warga-warga suatu negara berkembang.

Leganes sendiri sebenarnya sedang berjuang untuk tetap berada di La Liga musim depan. Kemenangan sebenarnya bisa menyelamatkan mereka yang hanya berselisih satu poin dari Celta Vigo di peringkat ke-17 pada klasemen akhir.

Tapi Madrid ini nampaknya tidak mau sedekah poin kepada yang membutuhkan. Maruk sekali mereka macam kaum-kaum kapitalis.  

Sejumlah raihan positif diraih para pemain di akhir musim La Liga. Seperti Thibaut Courtois yang mencatatkan meraih trofi Zamora alias kiper terbaik La Liga musim 2019/2020 dengan hanya kebobolan sebanyak 20 kali dari 34 laga.

https://twitter.com/goal/status/1284959990185426945?s=19

Sergio Ramos yang menyumbang satu gol juga tercatat sebagai bek peraih gol terbanyak La Liga dalam semusim di abad ini. Ia total menghasilkan 11 gol sepanjang musim. Ramos juga mencatatkan penampilan ke-650 dirinya selama berseragam Madrid.

Sementara itu Barcelona menutup musim dengan kemenangan telak 5-0 atas Alaves. Dua gol sumbangan Lionel Messi menjadikan dirinya sebagai pencetak gol terbanyak dengan torehan 25 gol.

Tambahan satu gelar “El Pichichi” membuat Messi jadi pemain dengan gelar pencetak gol terbanyak, yakni tujuh kali, melewati rekor Telmo Zarra.

“Gelar top skor bukan hal yang penting. Aku berharap bisa memenangi liga seperti tahun-tahun sebelumnya, (yang terjadi musim ini) sungguh disayangkan,” ucap Lionel Messi yang nampaknya cukup bete karena gagal juara.

Pada klasemen akhir, Atletico Madrid mengisi posisi ketiga diikuti Sevilla pada peringkat keempat.

Sedangkan Leganes, Real Mallorca, dan Espanyol harus mengucapkan adios karena menempati tiga posisi terbawah.

https://twitter.com/Sporf/status/1284894131286933504?s=20

Main photo: Twitter

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here