Laga Community Shield telah digelar dimana para jawara kompetisi domestik Inggris diadu untuk menentukan yang terbaik. Manchester City yang merupakan juara Premier League, akhirnya keluar sebagai pemenang setelah mengalahkan Chelsea sang juara Piala FA dengan skor mantul alias mantap betul 2-0.

Musim baru di Inggris selalu ditandai dengan laga Communty Shield. Trofi ini semacam Piala Super-nya Inggris.

Laga ini juga jadi ajang perkenalan bagi pelatih baru Chelsea, Maurizio Sarri. Ini pertama kalinya Sarri melakukan laga kompetitif bersama “The Blues“. Sayangnya, perkenalan pelatih yang hobi nyebats alias merokok satu batang itu harus melawan Pep Guardiola bersama City-nya.

Sergio Aguero menjadi pemain yang paling mencuri perhatian malam tadi. Semua gol yang ada dilesakkan oleh pemain asal Argentina tersebut. Berkat dua golnya tersebut Aguero membuat rekor klub baru sebagai pemain yang mencetak lebih dari 200 gol bersama “Citizens”.

Dari 201 gol yang diciptakannya sejak 2011, tercatat 147 di antaranya melalui kaki kanan, 35 dengan kaki kiri, dan 19 sundulan. Tidak ada gol yang dibuat Aguero menggunakan tangan, leher, tulang selangka, apalagi kelenjar getah bening.

Dengan keberhasilan mengalahkan Chelsea tersebut, kini City sudah meraih tiga gelar dalam jangka waktu enam bulan ini. Sebelumnya, Manchester “Biru” sudah meraih Piala Liga dan Premier League.

Kedua tim sama-sama tampil tidak dengan kekuatan terbaik sebab beberapa pemain masih mendapat jatah libur setelah Piala Dunia. City tidak diperkuat Kevin de Bruyne, Raheem Sterling, dan David Silva. Sementara Chelsea tanpa Thibaut Courtois, N’Golo Kante, Olivier Giroud dan Eden Hazard.

Meski belum menurunkan kekuatan penuh, baik Chelsea dan City tetap menjalani laga dengan serius. Maklum saja, gengsi selalu jadi yang utama. Lumayan nantinya bisa buat dipamerkan di CV para pemain.

Pertandingan sebenarnya berjalan seimbang. Penguasaan bola hampir sama, namun untuk urusan peluang, jarak antara City dan Chelsea sangat jauh. Kalau naik angkot mungkin baru sampainya setelah dua hari dengan jarak segitu. Total City membuat 18 kesempatan dengan setengahnya berhasil tepat sasaran.

Praktis Willy Caballero tiba-tiba jadi sibuk sekali pada pertandingan tersebut macam PNS kena sidak. Sementara Chelsea hanya membuat lima percobaan dengan dua yang mengarah ke gawang.

https://twitter.com/Sporf/status/1026139338625691649

Meskipun dominan dalam urusan peluang, Pep tetap mengatakan bahwa laga tak semudah yang terlihat.

“Sangat sulit tadi tapi para pemain bermain sangat baik. Mental pemain tangguh dan kami pun akhirnya menang. Kami selalu mempersiapkan diri dari laga ke laga. Hasil ini memperlihatkan usaha keras kami. kita lihat saja di mana level permainan saat musim berakhir,” ujar Guardiola dikutip dari Detik.

Terlepas dari absennya para pemain kunci, Sarri mengatakan Chelsea tidak dalam kebugaran yang prima. Selain itu ia juga menyoroti pertahanan timnya yang lembek macam cakwe sudah tersiram kuah.

“Di babak kedua, ada sebuah perbedaan dalam segi fisik. Jadi kami harus bekerja. Pramusim kami sedikit gila. Saya ingin membicarakan tentang pertahanan tim, tidak hanya para bek. Kami harus memperbaikinya. Kami harus memperbaikinya agar para bek bisa sedikit nyaman,” ujar suksesor Antonio Conte itu.

Pada pertandingan yang digelar di Wembley Stadium tersebut, Chelsea sudah kebobolan pada menit ke-11. Setelah menerima operan dari Phil Foden, dengan santainya macam sedang ikut Poco-Poco, Aguero melepaskan tembakan kaki kiri yang menembus gawang Caballero.

Chelsea yang berusaha mengejar ketertinggalan terlihat kesulitan untuk menembus pertahanan City yang bermain rapat macam cabe-cabean sedang bonceng empat. Babak pertama berakhir dengan kedudukan 1-0 untuk City.

Pada babak kedua, Aguero membuang kesempatan emas di menit ke-50 ketika berhadapan satu lawan satu dengan Caballero. Sudah digocek ke kiri dan ke kanan mirip goyang Maumere, tendangan Aguero sebenarnya bersarang di jaring gawang, namun dari sisi luar.

Delapan menit kemudian Aguero tidak mengulangi kesalahannya dengan membuat City memimpin 2-0. Mendapat terobosan dari Bernardo Silva, tanpa basa-basi macam pidato kepala sekolah saat upacara, Aguero langsung menendang bola dan menaklukan Cabellero untuk kedua kali.

Chelsea sendiri tidak mendapat peluang yang berarti di sisa pertandingan, hingga berakhir City tetap unggul 2-0 dan berhak mengangkat trofi.

Pada laga pembuka Premier Leagu pekan depan sendiri, City langsung mendapat lawan tangguh yaitu Arsenal pada 12 Agustus mendatang. Sementara Chelsea akan menghadapi Huddersfield pada hari sebelumnya.

https://twitter.com/brfootball/status/1026149103426621441

Main photo: dnaindia

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here