Tim yang dulunya papan atas di Bundesliga, Schalke, akhirnya mendapatkan kemenangan juga di Bundesliga. Entah apakah ini harus dirayakan potong tumpeng atau bagaimana.

Setelah rasanya berabad-abad lamanya, nama Schalke akhirnya kembali terdengar. Bukan karena juara Bundesliga, boro-boro. Menang saja tidak bisa.

Schalke memang saat ini sudah menjelma jadi tim papan bawah yang terancam degradasi. Entah kenapa bisa begitu. Padahal kita tahu dulu Schalke ini banyak nama beken salah satunya Manuel Neuer dan jadi pesaing kuat Bayern Muenchen.

Namun sekarang, lembek banget kayak nasi di rice cooker kebanyakan air. Jangankan di papan atas, wong menang saja cuma sekali sepanjang tahun 2020.

Ya betul, kemenangan terakhir mereka terjadi sebelum era pandemi. Yakni saat mengalahkan Borussia Moenchengladbach 2-0 pada 18 Januari 2020. Mulai dari situ mereka langsung unwinning selama 30 pertandingan Bundesliga.

Kalahnya bukan sekadar kalah 0-1 atau 1-2. Namun telak-telak banget dan jadi lumbung gol. Seolah tiap lawan Schalke langsung dipersilakan mencetak gol.

Tercatat mereka pernah dibantai Leipzig 0-4 dan 0-5, Koeln 0-3, Augsburg 0-3, Dortmund 0-3 dan 0-4, Wolfsburg 1-4, Freiburg 0-4, Gladbach 1-4, Leverkusen 0-3, dan Hertha 0-3.

Bayern Muenchen? Tidak usah ditanya. Dua kali menang telak banget yakni 5-0 bahkan sampai 8-0 segala. Ya kalau tim-tim lain saja bisa menang 3-0 atau 4-0, bagaimana lawan Bayern. Sudah pasti skornya di-double.

Tentu saja rekor unwinning ini belum tentu ada yang punya selain Schalke. Mereka siap-siap merayakannya karena tepat tanggal 18 Januari 2021 lawan Eintracht Frankfurt akan jadi waktu pas setahun Schalke tanpa kemenangan.

Sayangnya di laga terakhir melawan Hoffenheim, Schalke justru meraih kemenangan. Kemenangannya gede pula sampai 4-0.

Jadi entah harus senang atau sedih.

Namun sudah pasti bagi Schalke ini kegembiraan tiada tara. Rasanya sudah seperti juara AFF yang tak pernah dimenangkan Indonesia.

“Para pemain, Anda bakal tak percaya melihat mereka sangat senang setelah satu tahun tidak meraih kemenangan. Atmosfir ruang ganti kami sungguh fantastis!” kata pelatih Christian Gross, yang bukan saudaranya Christian Sugiono.

Selamat ya, Schalke!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here