Siapa bilang larangan transfer pemain membuat klub tak berkutik? Chelsea membuktikan bahwa mereka bisa mendatangkan Mateo Kovacic dari Real Madrid. Tentu saja hal ini membuat banyak orang berpikir “hm pasti ada permainan orang dalam nih”.

Istilahnya punya ‘backingan’ orang penting yang memungkinkan semua bisa diatur. Masalahnya cukup aneh juga jika dipikir-pikir. Sedang dalam masa hukuman tapi mereka mempermanenkan Kovacic.

Chelsea ini sejenis Gayus Tambunan juga yang saat dipenjara masih bisa jalan-jalan ke Bali untuk nonton tenis.

Tapi jangan buru-buru berprasangka buruk terlebih dahulu. Tidak baik hal seperti itu. Sebab gaya-gaya orde baru macam bantuan orang dalam itu tidak terjadi pada kasus Kovacic.

Chelsea memang dilarang untuk melakukan kegiatan transfer pemain dalam dua jendela transfer yang dihitung mulai dari bursa transfer musim panas ini serta pada bursa transfer musim dingin awal tahun depan.

Namun Kovacic sejatinya telah menjadi pemain Chelsea sejak tahun lalu dengan status pemain pinjaman dari Real Madrid. Ia menjadi bagian dari kesepakatan transfer Thibaut Courtois yang didatangkan pada awal musim lalu.

Seperti dilansir dari Detik, pada perjanjian yang dilakukan, Chelsea dan Real Madrid menyepakati adanya opsi buy out untuk Kovacic. Sehingga ketika Chelsea mengaktifkan opsi itu, transfer dianggap bukan merupakan transfer baru.

https://twitter.com/footballdaily/status/1144197848050913280

Kovacic yang teman-temannya banyak mempunyai nama akhiran –ic juga dikontrak selama lima tahun oleh Chelsea atau hingga 2024. Tidak disebutkan biaya transfer yang harus dikeluarkan Chelsea.

Namun Chelsea dipercaya mengeluarkan uang sebanyak 45 juta euro untuk mendatangkan pemain asal Kroasia.

“Aku sangat menikmati musim peminjamanku dengan Chelsea. Aku merasa nyaman di klub dan sangat menyukai London dan Premier League. Aku begitu gembira bisa bergabung secara permanen,” ujar Kovacic kepada situs resmi klub.

Pada musim lalu, ia tampil dalam 51 penampilan dengan sumbangan dua assist.

Sementara itu di sisi lain, penjualan Kovacic membuat Madrid kini semakin dekat dengan batas aman untuk menyeimbangkan neraca keuangan mereka. Sebelumnya Madrid harus mengeluarkan hampir 303 juta euro untuk belanja pemain pada bursa transfer musim panas ini.

Maka dari itu Madrid, seperti dikabarkan Marca, harus menjual pemain mereka hingga mendapat pemasukan sekitar 200 juta EURO.

Sejauh ini dua pemain sudah mendapat kurang lebih 85 juta euro dari penjualan Marcos Llorente dan Mateo Kovacic.

Main photo: @realmadridplace

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here