Salah satu saluran olahraga terkemuka di dunia, beIN SPORTS resmi melakukan kerja sama dengan raksasa Ligue 1, Paris Saint-Germain. Kerja sama ini dilakukan dalam rangka mengembangkan sayapnya di pasar Asia.

beIN SPORTS sendiri belum lama ini baru saja meluncurkan aplikasi streaming mereka. Jadi tak perlu lagi untuk para sobat-sobat bola untuk cari streaming-an di link-link dengan komentator Arab dan Rusia. Cukup dengan berlanggangan, mau streaming di mana pun bisa.

Tentu programnya hanya olahraga saja. Mau Premier League, La Liga, atau Ligue 1 semua ada. Kalau mau straming unboxing Honda Scoopy beda lagi platform-nya.

Belakangan ini beIN SPORTS memang semakin serius untuk melebarkan sayapnya ke pasar Asia Pasifik. Entah sayap apa, semoga bukan sayap-sayap patah milik lagunya Dewa.

Sementara itu di saat yang sama, PSG juga mulai serius untuk menggarap penggemar dari kawasan Asia, khususnya Indonesia.

Indonesia memang dikatakan sebagai salah satu tempat dengan perkembangan suporter PSG terbesar. Bahkan seperti yang dikatakan Sebastian Wasels, Managing Director of Paris Saint-Germain Asia-Pasific, bahwa pertumbuhan fans PSG di Indonesia meningkat dengan drastis. Hal tersebut dilihat dari tingginya traffic digital dari Indonesia.

Fans Indonesia dikatakannya merupakan salah satu suporter dengan animo yang luar biasa. PSG juga berharap bahwa suatu saat nanti mereka akan membuka sekolah sepak bola di Indonesia.

“Kami berharap dapat melanjutkan kesuksesan kami dalam meluncurkan kantor luar negeri pertama kami di Asia, dan menjadi lebih dekat lagi dengan para penggemar setia PSG di Indonesia yang penuh semangat,” ujar Wasels pada konferensi pers yang digelar di Jakarta.

Keseriusan PSG dalam menggarap pasar di Indonesia ditunjukan dengan diluncurkannya bahasa Indonesia pada website resmi dan digital platform mereka. Tidak perlu ribet-ribet buka Google Translate kalau mengunjungi situs mereka.

Harus ditiru hal-hal seperti ini oleh situs-situs lainnya yang tidak ada bahasa Indonesia macam Brazzers dan kawan-kawannya.

Pertanyaannya, apalah ada fans PSG di Indonesia? Ya mungkin saja ada. Memang tujuannya kan untuk menjaring downline fans PSG di Indonesia. Siapa tahu ada fans Inter Milan atau fans Arsenal yang ingin resign lalu kini beralih mendukung PSG.

Apapun itu, selama tujuannya baik maka harus didukung. Namanya juga usaha.

Untuk kesamaan tujuan, baik PSG maupun beIN SPORTS akhirnya melakukan kerja sama. Salah satu bentuk kerja sama terebut adalah akan diadakannya nobar alias nonton bareng resmi yang untuk pertama kalinya akan digelar di Indonesia.

Acara nonton bareng tersebu akan diadakan di Kemang Village pada Sabtu (9/2/2019) mendatang. PSG sendiri akan menghadapi Bordeaux di Ligue 1.

Lebih baik nobar bola seperti itu memang dibanding nonton kecelakaan. Apalagi sambil selfie dan makan gorengan. Benar-benar tidak ada faedahnya melakukan hal itu. Bikin macet pula.

PSG juga pada kesempatan tersebut ini mengumumkan kolaborasi mereka dengan tim e-sports terkemuka asal Indonesia yaitu Team Rex Regum Qeon (Team RRQ).

Tim asal Prancis itu menyatakan dukungan kepada RRQ dalam pertandingan Mobile Legends: Bang Bang Professional League Indonesia musim ketiga.

Hal ini memang merupakan bagian dari visi PSG yang ingin terus berinovasi dalam mengembangkan brand mereka. Kali ini mungkin hanya Mobile Legends dulu. Untuk selanjutnya mungkin PSG mau mendukung atlet Spider Solitare atau Minesweeper profesional juga nantinya.M

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here