Marc-Andre Ter Stegen mengaku dirinya cukup geram dengan keadaannya bersama timnas Jerman. Menjadi número uno alias pilihan utama di Barcelona, tak membuatnya lantas masuk skuat inti Jerman.

Timnas Jerman sebenarnya cukup mendapat sorotan setelah Piala Dunia 2018 lalu. Berstatus sebagai juara bertahan, nyatanya Jerman tampil culun di grup F bersama Meksiko, Swedia, dan Korea Selatan.  

Skuat Jerman disebut tidak melakukan regenerasi sehingga tak mampu bersaing dengan tim-tim lain. Usai Piala Dunia, sejumlah posisi sudah mendapat perombakan. Nama-nama seperti Oliver Bierhoff, Gerd Muller, atau Franz Beckenbauer sudah jelas tidak terlihat lagi pada skuat Jerman.

Tapi untuk posisi penjaga gawang, Joachim Low tetap mengandalkan Manuel Neuer sebagai nomor satu timnas “Der Panzer”. Beberapa tahun yang lalu, performa Neuer memang bisa disebut sebagai salah satu kiper bertangan delapan. Jagonya minta ampun.

Tapi saat ini banyak pihak yang menilai bahwa Neuer sebenarnya sudah kalah saing apabila dibandingkan dengan Ter Stegen atau penjaga gawang Arsenal, Bernd Leno. Hal tersebut nyatanya tak membuat Low mengubah pikirannya dan tetap mengandalkan Neuer.

Meski número uno untuk Barcelona, pada timnas Jerman, Ter Stegen harus menerima kenyataan duduk di bangku cadangan bersama Bernd Leno dan cuma duduk-duduk sambil melongo saja.

https://twitter.com/ChampionsLeague/status/1120318774274662401

Padahal secara performa, penampilan Ter Stegen bersama Barcelona dianggap jauh lebih baik daripada Neuer.

Bahkan baru-baru ini Ter Stegen masuk dalam nominasi FIFA FIFPro World XI. Ia bersaing dengan Ederson (Manchester City) serta Alisson (Liverpool).

Pada laga kualifikasi EURO 2020 melawan Belanda beberapa waktu lalu, Neuer kembali menjadi pilihan utama di bawah mistar gawang. Laga itu sendiri berakhir dengan kekalahan 2-4 atas Belanda.

Situasi ini membuat Ter Stegen sedikit geram karena tak kunjung menembus skuat utama. Tapi ia juga mengaku akan terus bersabar menunggu kesempatan.

“Jelas itu membuat saya sedikit marah. Anda memberi yang terbaik dan Anda tidak berada di posisi yang diinginkan,” ujar Ter Stegen dikutip dari Detik.

“Saya sudah menentukan prioritas. Saya ingin sukses dan target besar yang saya punya adalah jadi kiper utama untuk negara saya.”

“Saya ingin bisa melihat ke diri sendiri dan bilang ‘kamu bekerja dengan jujur dan terbuka dengan ambisimu’. Ini tidak mudah sama sekali, tapi kesabaran adalah bagian dari menjadi pesepakbola. Ada kalanya Anda harus menunggu,” imbuhnya.

Main photo: @barcauniversal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here