Hubungan Mohamed Salah dengan timnas Mesir sempat memanas setelah pemilihan pemain terbaik versi FIFA pada pekan lalu. Penyerang Liverpool sampai sempat menghapus unggahan foto dirinya saat membela timnas Mesir di Instagram.

The Best FIFA Men’s Player 2019 dimenangkan striker Barcelona Lionel Messi, yang mengalahkan Virgil van Dijk dan Cristiano Ronaldo. Salah sendiri betengger di urutan keempat dari 10 nominasi.

Lumayan sebenarnya. Kalau di liga, empat besar begitu sudah otomatis masuk Champions. Tapi Salah disebut kecewa terhadap perwakilan timnas Mesir yang dianggap tidak memilih dirinya.

Untuk diketahui bahwa pemilihan pemain terbaik FIFA tersebut diadakan melalui proses voting yang dipilih para pelatih dan kapten timnas anggota FIFA, serta perwakilan jurnalis. Tidak ada pemilihan lewat SMS macam Indonesian Idol.

Sementara itu diketahui bahwa dua suara dari Federasi Sepakbola Mesir (EFA), yaitu pelatih Shawky Gharib dan kapten Ahmed Elmohamady tidak masuk untuk Salah. Sementara itu suara jurnalis Hany Danial masuk dalam hitungan.

Kabar yang beredar, bahwa EFA sendiri yang tidak mendaftarkan pilihannya. Tentu saja hal ini membuat Salah merasa kecewa. Ngambek kalau istilah kerennya.

https://twitter.com/007Shafy/status/1178280459182252033

Salah diketahui menghapus biodata ‘Mesir’ di akun Twitter miliknya serta juga menghapus unggahan foto saat membela timnas Mesir di akun Instagram.

Terkait hal tersebut, FIFA yang melihat adanya ribut-ribut tidak dengan santai mengeluarkan meme “ayo lanjutkan, aku suka kalian berkelahi” dengan foto-foto dari Wikihow. Federasi sepak bola internasional itu lalu mencoba jadi penengah dan melakukan klarifikasi.

Menurut FIFA, suara dari EFA tidak masuk dalam hitungan karena dianggap tidak sah. Penulisan tanda tangan pada surat suara dengan huruf kapital yang menjadi alasannya.

“Tanda tangan pada surat suara Mesir dalam huruf kapital dan dengan demikian tampaknya tidak valid (tidak otentik),” demikian pernyataan resmi FIFA dikutip dari Detik.

“Selain itu, formulir pemungutan suara juga tidak ditandatangani oleh sekretaris jenderal (federasi) yang wajib dilakukan.”

FIFA juga mengaku telah memperingatkan EFA perihal surat suara. Namun hingga batas waktu yang ditetapkan, otoritas sepak bola Mesir tidak memberikan tanggapan.  

Main photo: @bbcsport

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here