Kepergian Emiliano Sala ternyata masih menyisakan persoalan yang tak kunjung usai. Cardiff City dan Nantes disebut masih berselisih terkait biaya transfer Sala yang terjadi pada bursa transfer musim dingin lalu.

Seperti diketahui bahwa pada bulan Januari yang lalu dunia sepak bola sempat berduka setelah Sala diketahui berada dalam pesawat yang mengalami kecelakaan. Saat itu Sala resmi diboyong Cardiff City dari klub Ligue 1, Nantes.

Berniat untuk ke Cardiff dengan menaiki pesawat pribadi, nahas pesawat tersebut terjatuh di wilayah perairan selat Inggris. Sala dan sang pilot akhirnya dipastikan menjadi korban jiwa dalam kecelakaan tersebut.

Jenazah Sala ditemukan empat pekan setelah kejadian kecelakaan tersebut. Diketahui bahwa Sala tewas dengan dugaan keracunan gas karbon monoksida. Sementara itu jasad sang pilot belum ditemukan hingga saat ini.

Pemain asal Argentina itu pada akhirnya belum pernah berseragam klub barunya Cardiff City.

Sejatinya Cardiff telah menebus Sala dengan biaya 15 juta euro atau sekitar 231 miliar rupiah dengan durasi kontrak selama tiga tahun. Hal tersebut akan menjadikannya pemain paling premium bahkan mungkin pertamax karena memecahkan rekor pembelian klub.

Tentu saja kabar kepergian Sala membuat kedua klub sangat terpukul. Baik Nantes dan Cardiff sempat melakukan penghormatan kepada Sala. Bahkan nomor punggung sembilan yang striker banget, dipensiunkan oleh Nantes.

https://twitter.com/LindoMyeni/status/1093763818025598976

Walau Sala telah tiada, untuk urusan uang sepertinya tidak ada habisnya. Ngga ada yang mau banget rugi kedua tim ini. Seperti dilansir Liputan6 dari The Sun, Cardiff enggan melunasi pembelian Sala.

Cardiff beralasan bahwa Sala belum menandatangani revisi kontrak yang mereka ajukan. Perubahan ini menyusul penolakan Premier League terhadap sejumlah klausul di dalamnya.

Sementara itu Nantes juga tidak mau kalah. Mereka menuntut Cardiff membayar sesuai perjanjian, yakni 15 juta euro yang dibayar dengan mencicil dalam beberapa tahap.

Terkait ke-tubir-an ini, FIFA coba untuk menjadi jembatan untuk menyelesaikan masalah. Begitu memang harusnya. Bukan hanya menyaksikan keributan sambil makan gorengan macam warga +62 saat ada kebakaran.

Melalui Komite Status Pemain FIFA memutuskan bahwa Cardiff harus membayar Nantes uang sejumlah 6 juta euro seusai angsuran pertama yang tertulis di perjanjian.

Dikutip dari Tempo, Cardiff City menanggapi, “Cardiff City FC sudah mengetahui keputusan itu yang diumumkan hari ini oleh Komite Status Pemain FIFA menyangkut transfer Emiliano Sala.”

“Kami akan mencari klarifikasi lebih jauh dari FIFA mengenai pengertian sebenarnya dari pernyataan mereka itu sebagai upaya membuat keputusan yang tepat untuk langkah kami nanti.”

Kedua klub kini diberi waktu selama 10 hari untuk mengajukan banding ke Mahkamah Arbitrase Olahraga di Lausanne, Swiss.

Main photo:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here