Jerman secara baik hati mengingatkan Irlandia ‘Ngalor’ alias Utara bagaimana rasanya menderita kekalahan. Pada laga lanjutan kualifikasi EURO 2020, “Der Panzer” meraih kemenangan dengan skor 2-0 pada laga yang digelar di Windsor Park.

Baik hati sekali Jerman ini sebenarnya. Sebab Irlandia Utara sebelumnya belum pernah merasakan apa itu yang namanya imbang ataupun kalah. Dari empat laga sebelumnya, semua diraih Irlandia Utara dengan kemenangan.

Hal seperti ini yang bisa bikin bahaya. Buat orang bisa lupa daratan kalau menang terus. Nantinya jadi sombong atau jemawa. Padahal hal itu seperti kita tahu adalah perbuatan dosa.

Apalagi Irlandia Utara ini merupakan salah satu timnas yang di atas kertas tidak terlalu diunggulkan. Padahal mereka satu grup dengan Jerman dan Belanda yang dikenal sebagai timnas-timnas n666eri. Kalau terus menang takutnya jadi tinggi hati soalnya.

Daripada Irlandia Utara nantinya jemawa, Jerman akhirnya memberikan mereka kekalahan pertama. Tak ada lagi yang punya rekor sempurna di Grup C, jadinya tidak ada lagi yang bisa sombong nantinya.

Pada jalannya laga itu sendiri, Jerman memang menguasai pertandingan selama 90 menit. Tim asuhan Joachim Low memiliki penguasaan bola hingga 75 persen.

Tapi justru Jerman yang mendapat ancaman terlebih dahulu setelah Toni Kroos melakukan kesalahan operan.

Kinap sepertinya alias ‘panik’ setelah mendapat pressing ketat dari lawan. Bola diserobot oleh Conor Washington, namun tendangannya dari dalam kotak penalti mampu ditepis Manuel Neuer.

Walau jarang-jarang melakukan serangan, tapi Irlandia Utara beberapa kali mengancam gawang Jerman. Seperti pada akhir babak pertama ketika terjadi kemelut di depan gawang.

Kalau main PS sudah pasti asal pencet tombol kotak saja kedua tim. Ada yang mau buang bola, ada yang mau menendang ke gawang.

Tiga menit babak kedua berjalan, Jerman membuka keunggulan melalui sepakan keras Marcel Halstenberg. Skor 1-0 untuk Jerman.

Tim tamu baru menggandakan keunggulan di masa injury time melalui Serge Gnabry. Sodoran Kai Havertz mampu dituntaskan Gnabry dari sudut sempit. Skor 2-0 menjadi milik Jerman.

Tambahan tiga poin membuat Jerman menyalip Irlandia Utara di klasemen Grup C kualifikasi. Jerman kini punya poin yang sama dengan Irlandia Utara, namun unggul head to head.

Der Panzer” berharap setelah ini mereka bisa kembali gacor setelah gagal total di Nations League dan baru saja dikalahkan Belanda.

“Kami berada di bawah tekanan untuk menang setelah hasil Jumat (lawan Belanda) dan kami harus mengatasi beberapa kendala di babak pertama,” kata Joachim Loew dikutip dari MalayMail.

“Irlandia Utara menyerang lebih awal dan mengganggu permainan kami. Setelah istirahat kami melakukannya dengan lebih baik. Kami berharap mengembalikan permainan di laga-laga berikutnya. ”

Main photo: @supersporttv

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here