Timnas Indonesia meraih hasil yang luar biasa positif kala memainkan laga kedua Piala AFF U-19. Berhadapan dengan Singapura di Stadion Gelora Deltras Sidoarjo, “Garuda Muda” bukan sekadar menang melainkan menang telak. Tim Singa tersebut dipatuki Garuda dengan skor telak hingga empat gol tanpa balas.

Pada laga kedua Grup A tersebut, pelatih Indra Sjafri merombak hampir seluruh tim. Bukan diganti dengan tim yang senior, namun dengan memainkan para pemain pelapis yang lainnya. Kemenangan ini jelas membuktikan bahwa kedalaman skuat Garuda Muda sangat merata.

Dari depan hingga belakang sama-sama kuat. Apalagi pada dua pertandingan di grup A, Indonesia juga meraih dua clean sheet  alias belum memungut bola di gawang sekalipun. Kalau perlu kuatnya sampai ke suporter-suporternya, jangan pernah lelah mendukung timnas Indonesia.

Namun meski starting line-up banyak dirombak, permainan Indonesia sendiri tidak banyak berubah. Tetap menendang memakai kaki bukan memakai kaki meja. Menyundul pun pakai kepala sendiri, jarang yang pakai kepala orang lain.

Tusukan para pemain sayap Indonesia dari kiri dan kanan sempat membuat para pemain Singapura kerepotan. Walau demikian, tidak ada pemain Indonesia yang menusuk dari belakang. Makan teman namanya kalau seperti itu.

Indonesia yang mendominasi pertandingan cukup kesulitan di awal laga untuk mencetak gol. Hal tersebut terjadi akibat para pemain terlihat kurang tenang kala masuk ke dalam kotak penalti lawan.

Barulah setelah 20 menit bermain, Indonesia bisa untuk mencetak gol. Memanfaatkan umpan dari Asnawi Mangkualam di sisi kanan, tandukan Rafli dengan mudah menaklukan kiper Nursafiq Zaini. Padahal pelan sekali bola. Namun kiper Singapura ini sepertinya sedang bengong sehingga tidak menyadari kedatangan bola.

Apalagi bola datang tidak mengetuk pintu. Tidak ada pintu juga soalnya di gawang Singapura. Mau pencet bel juga tidak ada. Alhasil salah kiper sendiri yang bengong-bengong saja.

Gol kedua Indonesia baru lahir pada babak kedua. Kembali melalui aksi Rafli, striker Mitra Kukar tersebut menyontek bola hasil umpan Saddil Ramdani. Entah sudah menyontek begitu jawabannya benar atau salah. Yang jelas Indonesia memimpin 2-0.

Saddil gantian mencetak gol ketiga Indonesia pada menit ke-70. Berawal dari keriuhan di depan gawang, Saddil langsung menendang bola dari luar kotak penalti yang tentu akan membuat komentator berkata “ahayyyyy”. Cantik sekali tendangan first time dari Saddil, saking cantiknya bisa diikutkan ke kontes kecantikan.

Indonesia kembali menambah keunggulan berkat gol dari Todd Rivaldo di menit ke-80. Kembali mendapat umpan dari Saddil, Rivaldo bukan dari Brasil ini melakukan gocekan kepada satu, dua, lalu tiga pemain Singapura.

Aksinya tersebut diakhiri dengan sebuah tendangan jebret yang tak mampu dihalau Nursafiq. Pertandingan berakhir dengan keunggulan Indonesia 4-0 atas Singapura.

Hasil ganteng tersebut membuat Indonesia memuncaki grup A dengan enam poin hasil dua kemenangan. Kini Garuda Muda unggul dua angka dari Vietnam dan Thailand. Selanjutnya Indonesia akan berhadapan dengan Filipina.

Pelatih Indra Sjafri mengatakan sangat puas setelah timnya menang telak. “Hari ini kami puas dengan permainan anak-anak, karena sudah menjalankan pakemnya. Dan apa yang saya kembalikan yang sudah hilang dan dua kali pertandingan mereka main dengan cara yang kami inginkan,” ujarnya dikutip dari Detik.

https://twitter.com/JayapuraID/status/1014460967134982144

Main photo: goal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here