Berita tak mengenakkan datang dari Legenda Brasil, Romario. Yang tidak enak sebenarnya bagi Romario sendiri, bukan kita. Pasalnya, pria yang sudah berusia 51 tahun itu kini terkena diabetes dan tak lagi bisa makan yang manis-manis.

Pahlawan Brasil di Piala Dunia 1994 itu memang sudah tak seperti biasanya. Sekarang dia tampil lebih langsing. Bukan karena fitnes atau minum obat pelangsing yang suka ada iklannya di Instagram. Melainkan harus berjuang melawan penyakitnya yang menyebalkan itu.

Bobot Romario memang menurun drastis. Dalam wawancaranya bersama The Sun, dia mengaku baru menjalani operasi untuk menangani diabetes kurang lebih dua bulan lalu.

Merosotnya berat badan memang dampak negatif dari penyakit diabetes. Diabetes memang tak pandang bulu, bisa menyerang siapa saja. Mulai dari tukang ketoprak di depan warnet sampai Romario pesepak bola profesional sekalipun.

Romario juga sudah pasti tidak bisa lagi merasakan makanan yang manis-manis. Artinya banyak makanan nikmat dunia yang tak bisa lagi dicicipinya seperti durian, martabak keju, sampai kue lupis tradisional. Makan kue lupis mungkin masih bisa selama tak pakai gula Jawanya.

Kalau mau mencicipi mungkin masih bisa, tapi siap-siap gula darahnya naik dan bisa berdampak buruk bagi pengidap diabetes. Alhasil, hanya si pengidap yang bisa menjaga dirinya sendiri.

Meski begitu, Romario mengaku baik-baik saja. Mungkin agar fansfansnya di seluruh dunia tidak terlalu khawatir akan kondisinya.

“Saya sudah berusia 51 tahun dan kini semuanya jauh lebih baik setelah dua bulan lalu saya menjalani operasi. Saat menjalani operasi tersebut, saya kehilangan berat badan sampai 15 kilogram. Tujuan saya bukan ingin kurus, tapi melawan diabetes,” katanya.

Image result for romario diabetes
Romario kini kurus kering kayak kerupuk kulit. (El Periodico)

Selain makanan, ada kemungkinan juga Romario stress setelah berkarier di dunia politik. Penyebab diabetes memang salah satunya adalah stres karena kebanyakan pikiran mulai dari pekerjaan yang bikin kesal, cicilan rumah yang makin naik, istri yang rewel dan minta cerai melulu, sampai anak yang berandalan masuk geng motor dan meresahkan warga.

Romario merupakan anggota kongres, semacam DPR-nya Brasil, dari Partai Sosialis Brasil untuk membela kepentingan rakyat. Kabarnya, bintang Barcelona itu cukup rajin menghadiri sidang meski harus melewati 900 kilometer dari rumahnya, melebihi jarak Jakarta-Surabaya. Ia pun tercatat sebagai anggota Kongres dengan tingkat kehadiran paling sempurna.

Image result for romario diabetes
Romario waktu masih agak gemukan sedikit. (Blog do Daniel Brito)

Main photo credit: EBC

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here